Sukses

Dahsyatnya Manfaat Melakukan Yoga, Ada 7

Berbagai masalah mental dan fisik bisa dikurangi dengan lakukan yoga.

Liputan6.com, Jakarta Popularitas yoga dalam satu dekade terakhir, mampu membuat olahraga ini diikuti banyak orang. Namun, bagi Anda yang masih berpikir berulang kali untuk mengikuti berolahraga yang mengutamakan peregangan dan pernapasan ini kini tak perlu pikir panjang.

Olahraga ini tak hanya baik untuk kebugaran fisik namun juga kesehatan mental. Berikut tujuh manfaat melakukan yoga seperti dilansir Livestrong pada Jumat (24/10/2014).

1. Pikiran tenang
Masyarakat zaman sekarang merupakan masyarakat yang banyak berpikir akan masa lalu, sekarang dan depan. Menruut guru yoga asal New York, Jessica Ray, yoga mampu membantu semua mengeluarkan keresahan akan masa lalu maupun masa depan, sehingga stres hilang, pikiran tenang datang.

2. Perbaiki mood
Sebuah studi 2011 dari Boston University School of Medicine menemukan bahwa yoga meningkatkan suasana hati dan menurunkan kecemasan 19 yogi selama 12 minggu. Hal ini disebabkan saat berlatih yoga dapat  meningkatkan kadar asam gamma-aminobutyric (GABA) di otak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gangguan tidur hilang

3. Atasi gangguan tidur
Studi tahun 2004 yang diterbitkan Journal of Applied Psikofisiologi and Biofeedback menemukan bahwa yoga mengurangi seseorang terbangun di tengah-tengah tidur. Partisipan studi melaporkan efisiensi tidur yang lebih baik, tidur lebih lama dan lebih jarang terbangun pada malam hari.

4. Bantu tubuh lebih fleksibel
Gerakan yoga banyak melakukan peregangan tubuh. Pada awal-awal berlatih tubuh memang rasanya sakit semua, tapi sesudah itu tak ada lagi bagian tubuh yang kaku jika Anda rutin melakukan yoga, terang guru yoga Jessica Ray.

5. Berikan rasa percaya diri
Ada banyak pose-pose yoga yang menantang, hal ini membutuhkan fisik dan semangat berlatih yang kuat. Sehingga untuk bisa melakukan ini memang butuh membangun kekuatan tubuh serta pikiran yang menjadi cara untuk memupuk rasa percaya diri.

3 dari 3 halaman

Redakan stres

6. Redakan stres
"Tindakan sederhana pada yoga seperti menarik napas dalam-dalam  membantu meringankan pikiran dan mengurangi stres," ujar Ray.  "Ketika menggabungkan napas dalam gerakan yoga, otot-otot dalam tubuh mulai rileks dan satnya lepaskan stres.

7. Kurangi nyeri
Sebuah studi dalam Rheumatic Disease Clinics of North America pada tahun 2011 menyatakan bahwa berlatih yoga dua kali seminggu bisa membantu meringankan bengkak dan sakit sendi pada individu dengan rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini