Sukses

`20-20-20` Kunci Rahasia Sehatkan Mata

Kode 20-20-20 untuk mata yang lebih sehat. Apa maksudnya?

Liputan6.com, Jakarta Terapkan pola 20-20-20 agar kita terhindar dari masalah kesehatan mata akibat penggunaan gadget yang berlebihan. Menurut Dr. Ikhsan Revino, SpM, pola seperti ini akan sangat membantu bila dilakukan setiap hari.

"Artinya, setiap kita melihat gadget selama 20 menit, idealnya beristirahat selama 20 detik. Selama 20 detik ini, harus digunakan untuk melihat sejumlah benda dengan jarak 20 feat (6 meter)," kata Dr. Ikhsan dalam acara `Cek Mata Yuk: Gaya Hidup Modern Versus Mata Kita` di Ruang Ikat, Hotel Four Seasons, Kuningan, Jakarta, ditulis Rabu (22/10/2014).

Spesialis Mata dari Sumatera Eye Centre (SMEC), melanjutkan, dalam penggunaan gadget, baik itu ponsel atau tablet, usahakan untuk mengatur kontras dari gadget senyaman mungkin. Tidak terlalu terang, tidak juga terlalu gelap.

"Terlalu terang mata akan lelah. Jika terlalu gelap, kita akan cenderung mendekat gadgetnya, yang berakibat pada mata yang semakin lelah," kata Dr. Ikhsan.

Selain waktu penggunaan gadget yang harus diperhatikan, kata Dr. Ikhsan, kita pun harus memerhatikan jarak ideal penggunaan gadget tersebut. "Harus berjarak 30 sampai 50 senti. Itu jarak baca ideal," kata Ikhsan.

Yang paling penting, jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat; tidur yang cukup selama 6 sampai 8 jam, dan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, dan antioksidan.

"Ingat, masalah mata bukan hanya vitamin A saja, melainkan semua vitamin. mata itu berkaitan dengan daya tahan tubuh, karena akan memengaruhi hormon," kata Ikhsan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.