Sukses

5 Mitos Penyebab Kanker Payudara

Ada banyak kabar yang tidak diketahui sumbernya yang menyatakan penyebab kanker payudara. Berikut 5 mitos penyebab kanker payudara.

Liputan6.com, Jakarta Selama bulan Oktober, masyarakat dunia diajak untuk peduli terhadap kanker payudara, tak terkecuali di Indonesia. Beberapa komunitas pun melakukan berbagai gerakan untuk menyebarkan aksi tindakan dini cegah kanker payudara.

Menurut mantan Menteri Kesehtan RI Nafsiah Mboi, dengan menjaga gaya hidup sehat bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara. Namun, berbagai mitos masih beredar di masyarakat tentang penyebab kanker yang juga menimpa pria ini.

Dilansir laman Health pada Selasa (21/10/2014) berikut lima hal yang tidak menyebabkan kanker payudara namun dianggap oleh masyarakat sebagai penyebab hadirnya kanker yang mendera sekitar seratus ribu orang per tahunnya di Indonesia ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menggunakan bra

1. Menggunakan bra

Banyak perempuan yang resah karena banyak info yang beredar menggunakan breast holder (BH) atau bra terutama yang berkawat menyebabkan kanker payudara. Namun, sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle, AS menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara kanker payudara dengan berapa lama, jenis dan ukuran bra. "Ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan baik dan cukup meyakinkan," terang ahli onkologi medis dari University of Wisconsin Carbone Cancer Center di Madison, Kari B. Wisinski, MD.

2. Implan payudara

Beberapa studi mencoba mencari tahu apakah ada hubungan antara kanker payudara dengan melakukan implan payudara. Bahkan sampai melakukan pengecekan mamogram namun hingga kini belum ditemukan keterkaitan keduanya.

3 dari 3 halaman

Menggunakan deodoran

3. Menggunakan deodoran atau antiperspiran

Pasti banyak perempuan yang pernah mendengar kabar miring ini. Hal ini berawal dari fakta bahwa deodoran mengandung senyawa berbasis alumunium yang memiliki efek estrogen yang mendorong pertumbuhan kanker payudara. Nyatanya hingga kini tidak ada bukti ilmiah bahwa hal ini memicu kanker payudara. Sehingga Anda tak perlu khawatir menggunakan deodoran untuk mengurangi bau badan.

4. Minum kopi

Ada banyak rumor yang mengatakan minum kopi bisa sebabkan kanker payudara. Namun, ada studi yang menyebutkan malah kopi bahkan dapat menurunkan risiko kanker payudara pada kelompok tertentu perempuan karena kandungan antioksidannya.

5. Lakukan mamogran, MRI, ultasound

Saat lakukakan pengecekan payudara dengan mamogram memang memanfaatkan radiasi, namun dengan pengecekan mamografi teratur dapat membantu menurunkan kematian akibat kanker payudara pada perempuan usia 45 hingga 75 tahun.
Lalu, MRI merupakan pengecekan payudara menggunakan magnet sedangkan USG menggunakan gelombang suara, tak ada bukti bahwa kedua hal ini menyebabkan hadirnya kanker payudara, malah mendeteksi dini kehadiran sel-sel kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini