Sukses

Racik Sendiri Obat Kumur Alami di Rumah

Obat kumur yang dipercaya mampu membersihkan gigi secara menyeluruh, menyimpan beragam `racun` yang berbahaya bagi tubuh bila tertelan

Liputan6.com, Jakarta Obat kumur yang dipercaya mampu membersihkan gigi secara menyeluruh, menyimpan beragam `racun` yang berbahaya bagi tubuh bila sampai tertelan. Kebanyakan obat kumur saat ini, mengandung bahan-bahan kimia seperti klorheksidin glukonat, etanol, dan metil salisilat yang dapat menjadi racun.

Memang, bahan kimia pada obat kumur ini mengurangi jumlah bakteri penyebab bau pada mulut. Tapi, konsentrasi bahan kimia pada obat kumur yang relatif tinggi, dapat mengganggu membran sel dalam mulut.

Bahkan, bahan kimia pada obat kumur seperti etanol dan alkohol, berkaitan erat dengan peningkatan risiko kanker mulut.

Dengan beragam efek samping berbahaya, apakah kita masih ingin menggunakannya? Dan apakah kita akan membiarkan anak-anak kita ikut menggunakannya? Bila tidak, gantilah obat kumur tersebut dengan bahan alami.

Di bawah ini, ada satu cara membuat obat kumur alami menggunakan bahan masakan yang sangat mudah didapat, seperti dikutip Health Me Up, pada Jumat (19/9/2014)

Obat kumur alami dari jahe

Bahan

1 inci irisan jahe yang dikupas
1/4 sendok teh bubuk kayu manis
1/3 cup daun peppermint yang dicincang
1 cangkir air

Cara buat:

Rebus air dan tambahkan semua bahan tersebut. Setelah 15 menit, saring hingga cairan dan bahan terpisah. Simpanlah cairan di dalam botol, dan gunakan ketika perlu. Obat kumur alami buatan sendiri ini bisa tahan hingga satu atau dua minggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini