Sukses

Kuis : Fakta dan Fiksi Seputar Nutrisi

Ikuti kuis ini untuk mengetahui apakah yang Anda ketahui merupakan fakta atau fiksi.

Liputan6.com, Jakarta Informasi soal nutrisi seringkali menyesatkan. Ikuti kuis ini untuk mengetahui apakah yang Anda ketahui merupakan fakta atau fiksi. Anda akan menemukan jawaban mengejutkan dari kuis ini. Selamat mengikuti.

1.    Dari daftar makanan berikut ini, manakah yang membantu jaringan mata Anda tetap sehat?
a.    Kuning telur.
b.    Winter squash.
c.    Bayam.
d.    Semua.


2.    Nutrisi manakah dari daftar berikut ini yang merampas kalsium dari tulang Anda dan mungkin meningkatkan risiko osteoporosis?
a.    Vitamin D.
b.    Vitamin C.
c.    Protein.


3.    Betul atau salah: Bau tak enak pada bawang putih atau bawang merah memiliki senyawa penambah kekebalan tubuh yang bermanfaat untuk tubuh.
a.    Betul.
b.    Salah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Menghalangi tidur nyenyak


4.    Manakah dari makanan berikut yang menghalangi tidur malam yang nyenyak?
a.    Agar-agar.
b.    Kue jahe.
c.    Tak satu pun dari jawaban di atas.


5.    Isoflavon dalam kedelai yang ditemukan pada susu kedelai, yoghurt kedelai, dan protein kedelai dapat meringankan gejala menopause dengan:
a.    Beraksi sebagai estrogen nabati yang sama dengan estrogen yang terbentuk dalam tubuh.
b.    Menghilangkan sakit kepala.


6.    Anda baru saja bertengkar dengan anak-anak sebelum mereka berangkat sekolah sehingga mood jadi berantakan. Anda masih merasa marah. Apa yang Anda kerjakan? Jika Anda seperti orang lain, Anda mencari makanan yang menyenangkan hati. Mengapa kita makan saat stres?
a.   Sebagai pelepasan stress.
b.   Sebagai alat penghibur.
c.    Karena perubahan hormon (estrogen menurun).
c.    Semua jawaban di atas.

3 dari 8 halaman

Makanan untku alzheimer


7.    Selama enam bulan terakhir Anda merawat ibu yang terkena alzheimer. Anda perhatikan bahwa Anda merasa tertekan dan susah untuk rileks. Makanan apa yang bisa membantu Anda?
a.    Cantaloupe (semacam semangka).
b.    Asparagus.
c.    Biji bunga matahari.
d.    Semua.


8.    Anda sedang menyiapkan salad untuk makan malam dan ingin membuat makanan yang merawat kulit. Makanan berikut ini manakah yang membantu melindungi kulit terhadap kanker dan kerut?
a.    Alpukat.
b.    Aprikot.
d.    Semua.


9.    Betul atau salah: Makanan yang berisi kedelai seperti burger tempe dapat membantu aktivitas seksual seorang lelaki tua.
a.    Betul.
b.    Salah.

4 dari 8 halaman

Biji waluh


10.    Biji waluh dapat membantu kesehatan prostat pria.
a.   Benar.
b.   Salah.


11.    Seharian ini Anda kelelahan. Anda berjalan membuka lemari es dan melihat bir dingin, roti cokelat keju sisa semalam, dan bagel. Makanan mana dari yang disebutkan di atas yang paling baik untuk memulihkan tingkat energi Anda?
a.  Bir dingin.
b.  Roti cokelat keju.
c.  Bagel.


12.  "Saya tak suka kepanasan dan keringatan,Ó kata teman Anda ketika mendengar kata olahraga. Ia biasa merasa terlalu kelelahan untuk berolahraga. Apakah Anda pernah merasa terlalu lelah untuk olahraga? Mungkin Anda harus menambah energi dari makanan. Manakah yang harus Anda coba?
a.    Minuman bersoda berisi gula dan kafein.
b.    Pisang.
c.    Donat manis.

5 dari 8 halaman

Jawaban


1. Jawaban: D
Sayuran berdaun hijau gelap mengandung antioksidan kuat: lutein dan zeaxanthin. Antioksidan tersebut merupakan senyawa yang terkait dengan betakaroten yang membantu melindungi jaringan mata dari bahaya sinar matahari. Lutein dan zeaxanthin juga terkait dengan pencegahan degenerasi macular yang dapat menyebabkan kebutaan tak tersembuhkan. Makanlah paling tidak tiga sampai empat sajian sayuran tersebut per minggu. Nikmati omelet tanpa rasa bersalah. 

2. Jawaban: C
Kejutan! Diet tinggi protein tak baik untuk postur tubuh tegak. Memang benar protein membantu membangun sel-sel tulang, tapi mengonsumsi terlalu banyak meningkatkan kehilangan kalsium lewat urin. Mengapa? Ketika protein dicerna, zat ini menciptakan asam saat tubuh juga harus bekerja untuk menjaga keseimbangan pH. Untuk mencapai ini, kalsium dikeluarkan dari tulang sebagai penetral dan kemudian dibuang lewat urin. Jika Anda makan secara teratur protein dua kali lipat dari kebutuhan yang dianjurkan, Anda harus meningkatkan kebutuhan harian kalsium sampai 250 miligram atau segelas susu lagi.
Vitamin D dan C adalah kawan satu tim kalsium. Vitamin D membantu kalsium terserap dan disimpan dalam tulang sementara vitamin C terkait dengan produksi kolagen. Kolagen merupakan jaringan penghubung tulang.

3. Jawaban: A
Senyawa sulfur adalah zat aktif kimiawi yang ditemukan dalam bawang merah dan bawang putih penyebab bau tak enak. Bawang merah dan putih melindungi tubuh dengan meningkatkan kekebalan tubuh. Kedua bawang itu mencegah terbentuknya nitrosamine, yaitu zat penyebab kanker. Bawang putih juga menurunkan tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah. Manfaat ini berasal dari bahan kimia dalam bawang yang bertindak sama dengan inhibitor ACE (umum ditemukan pada obat resep yang diberikan untuk mengobati tekanan darah tinggi).

6 dari 8 halaman

Jawaban 4

4. Jawaban: C
Bagi banyak orang, kudapan mengandung karbohidrat sebelum tidur membantu tidur nyenyak. Karbohidrat meningkatkan produksi serotonin dalam otak, yaitu neurotransmitter (zat kimia dalam otak) yang membantu Anda merasa tenang dan rileks. Makanan tertentu dan bahan seperti lada jalapeno, bawang, alkohol, dan obat flu dapat membuat Anda terjaga ketika butuh tidur.

5. Jawaban: A
Kedelai adalah menu makanan orang Asia sejak dulu. Tak hanya kanker payudara, prostat, tingkat osteoporosis pada pria dan wanita Asia lebih rendah dibanding orang Amerika. Wanita Asia mengalami sangat sedikit gejala menopause.

6. Jawaban: D
Stres, mendapatkan kesenangan, perubahan hormon adalah alasan kita makan saat stres. Emosi seperti marah, terluka, sedih, adalah alasan yang tidak aneh bagi kita untuk makan demi mengobati emosi itu. Masalahnya, kita jarang makan wortel atau apel tapi malah mengambil cokelat, biskuit, es krim, atau makanan lain yang mengingatkan kita saat bahagia. Semua makanan itu tidak jelek, tapi sadarilah mengapa kita mengonsumsinya.

7 dari 8 halaman

Jawaban 7

7. Jawaban: D
Pikirkan vitamin B sebagai zat yang terbaik. Jika Anda merasa sedih, Anda mungkin menderita kekurangan vitamin B. Asam folat adalah vitamin B utama yang terkait dengan manajemen mood. Penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 30 persen orang menderita depresi juga menderita kekurangan asam folat dan tidak merespon baik terhadap obat resep. Kabar baiknya, asam folat mudah didapatkan dari makanan seperti kacang-kacangan, buncis, buah jeruk, dan bahkan bit.

8. Jawaban: C
Ketika berbelanja, pilihlah buah dan sayur yang berwarna hijau tua, merah, kuning, dan oranye. Di dalam buah dan sayur itu terkandung vitamin, mineral, dan antioksidan perawat kulit seperti betakaroten dan vitamin C. Sebagian besar hanya butuh sedikit persiapan sebelum dicuci dan disajikan dalam bentuk  salad.

9. Jawaban: B
Impotensi terkait dengan kondisi pembuluh darah seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung. Diet adalah penyebab dari penyakit-penyakit tersebut. Mengurangi lemak jenuh dalam makanan dapat membantu menghindari penyakit tersebut seperti halnya penambahan produk-produk kedelai. Kedelai bebas lemak jenuh. Kedelai dapat membantu menurunkan kolesterol darah jika Anda mengonsumsi 25 gram per hari. Satu cangkir susu kedelai berisi kira-kira sepertiga dari 25 gram protein kedelai yang dianjurkan.

8 dari 8 halaman

Jawaban 10

10. Jawaban: A
Benar, biji waluh mengandung betasitosterol alami, fitokimia yang sama strukturnya dengan testosteron dan estrogen. Ingat bahwa fitokimia secara alami ditemukan pada tanaman dan memiliki efek kesehatan luar biasa. Betasitosterol juga ditemukan pada kedelai dan palmetto beri sehingga meningkatkan popularitas herbal saw palmetto. Penelitian di Eropa menunjukkan, saw palmetto membantu mengurangi buang air kecil di malam hari, juga rasa sakit saat berkemih.

11. Jawaban: C
Kue roti cokelat keju memang menggoda dan bir juga membuat Anda merasa bebas dan rileks. Namun, keduanya tidak membantu mengembalikan energi Anda. Ambil bagel dan oleskan selai kacang di atasnya karena kudapan protein dan karbohidrat mengimbangi gula darah, memperbaiki tingkat energi dan mood Anda. Karbohidrat adalah sumber energi nomor satu untuk otak dan tubuh. Sehabis itu minum segelas besar air putih atau susu skim. Dijamin dunia akan segera terlihat lebih indah kembali. Tahukah Anda bahwa melewatkan minum seharian membuat Anda kelelahan?

12. Jawaban: B
Anda sebaiknya menyukai pisang karena buah ini adalah sumber karbohidrat cepat yang berisi 70 persen air dan tinggi kadar potassiumnya. Donat manis dan soda? Jangan. Soda sifatnya diuretik. Setiap cangkir soda yang Anda minum membuat Anda membutuhkan secangkir air lain untuk tetap tinggal dalam tubuh. Sebelum olahraga, coba minum dua cangkir air. Ini penting untuk persendian Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.