Sukses

5 Jurus Kurangi Nyeri Punggung

Berikut ini lima cara agar sakit punggung yang Anda derita bisa berkurang

Liputan6.com, Jakarta Sakit punggung? Sepertinya hampir setiap orang pernah merasakan sakit tersebut. Menurut Grant Cooper MD dari Klinik Princeton Spine and Joint Center, LLC, Amerika Serikat lebih dari 31 juta orang Amerika menderita sakit punggung. Dan yang mengalami sakit ini kebanyakan adalah orang dewasa dengan rasa sakit pada satu titik.

Kalau sakit punggung sudah terasa, maka Anda akan merasa serba salah setiap melakukan gerakan. Nah bagi Anda yang kerap mengalami sakit punggung atau yang berusaha mencegah punggung Anda menjadi sengsara, cobalah mengikuti 5 cara singkat untuk meredakan rasa sakit tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perbaiki postur

1. Perbaiki postur tubuh Anda. Usahakan agar dalam berbagai posisi, tubuh Anda tegap dengan meluruskan tulang belakang Anda dan perut masuk ke dalam. Bila sedang duduk, jaga agar posisi lutut sedikit di atas pangkal paha.

2. Pastikan Anda mengangkat barang dengan benar. Caranya, saat mengangkat barang dari lantai, tekuklah lutut Anda dan bukan pinggang! Mintalah bantuan bila barang yang hendak diangkat cukup berat. Jangan memaksakan diri.

3. Jangan terlalu banyak istirahat! Saat punggung terasa sakit, pastikan Anda tetap bergerak meskipun hanya untuk beberapa menit atau jam saja.

3 dari 3 halaman

Konsultasi ke ahli

4. Konsultasi ke ahli pengobatan tulang punggung (chiropractor). Jika rasa sakit bertambah kronis dan membuat masalah pada punggung Anda, perawatan dari ahli tulang punggung mungkin dapat menolong. Namun jika rasa sakitnya menjalar hingga kaki, segera pergi ke dokter.

5. Lakukan yoga. Berlatih yoga atau pilates dapat mengendurkan tekanan pada otot punggung Anda dan memperkuat sistem penunjang punggung Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini