Sukses

Mudah Lupa? Coba Minum Secangkir Kopi

Sebuah studi di Amerika Serikat menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman berkafein bisa mempertajam ingatan.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda pecinta kopi, selamat! Karena kebiasaan mengonsumsi kopi dalam jumlah sedikit bisa membantu meningkatkan daya otak untuk mempertajam ingatan.

Sebuah studi di Amerika Serikat menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman berkafein bisa mempertajam ingatan. Namun, dampak baik ini baru bisa dirasakan setelah 24 jam usai mengonsumsi kopi ungkap penelitian yang dipimpin Michael Yassa, asisten profesor psikologi dan ilmu otak University of John Hopkins, Maryland.

Biasanya saat kita belajar sesuatu, ingat akan disimpan dalam sirkuit memori untuk sementara dan mudah dilupakan. Seperti dilansir Mirror, Sabtu (23/8/2014) di sini kafein dalam kopi berfungsi meningkatkan sirkuit memori yang menurun di otak. Hal inilah yang membuat daya ingat tajam.

Namun, bukan berarti Anda bisa sebanyak-banyaknya konsumsi kopi. "Saya tidak menyarankan orang untuk mengonsumsi banyak kafein. Cukup di bawah 200 miligram. Karena apa pun di atas 200 miligram terkait memori malah bisa membawa dampak negatif," tutur dokter Ashok Jansori mengomentari hasil penelitian ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.