Sukses

5 Pengetahuan Soal Lidah yang Harus Diketahui

Menyikat gigi saja tidak cukup tanpa membersihkan area lidah. Sebab, bila lidah tidak dibersihkan dapat menyebabkan beberapa infeksi.

Liputan6.com, Jakarta Menyikat gigi bermanfaat untuk mencegah terjadinya bau mulut dan penyakit gigi lainnya yang begitu menyiksa. Namun ternyata, menyikat gigi saja tidak cukup tanpa membersihkan area lidah. Sebab, bila lidah tidak dibersihkan dapat menyebabkan beberapa infeksi.

Berikut ini adalah pengetahuan umum tentang lidah dan bagaimana cara agar terhindar dari sejumlah infeksi, seperti dijelaskan Konsultan Senior di Bedah Gigi yang berbasis di Sri Balaji Action Medical Institute, Dr Puneet Ahuja, dikutip Health Me Up, Kamis (24/7/2014)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Next



1. Lidah


Meski lidah adalah bagian penting dari kebersihan gigi dan mulut, masih banyak orang yang cenderung melupakan hal itu. Dr Puneet, mengatakan, Anda perlu membersihkan lidah saat menggosok gigi. Permukaan lidah memiliki banyak kuman, yang bila tidak dibersihkan akan berakibat terjadinya infeksi.

2. Pergunakan pembersih lidah

Pembersih lidah sederhana adalah perangkat terbaik untuk membersihkan permukaan lidah. Dengan alat itu, akan membantu Anda menghapus terjadinya pertumbuhan bakteri, sisa-sisa makanan dan plak dari permukaan lidah.

Setelah menggunakan alat pembersih lidah, disarankan untuk menggunakan obat kumumr non alkohol.

3 dari 3 halaman

Next



3. Lidah berwarna merah jambu sehat, mitos apa fakta?


"Lidah berwarna merah jambu adalah pertanda bahwa lidahnya sehat. Dan itu bukan mitos. Jika berwarna hitam, kuning, putih, atau bahkan merah, itu berarti Anda memiliki kesehatan gigi yang buruk, dan Anda terlalu banyak menggunakan produk tembakau atau pertanda sebuah penyakit," kata Dr Puneet.

4. Sejumlah penyakit

Lidah berwarna merah jambu dan dalam kondisi lembab mendadakan lidah Anda sehat. Tidak menjaga kebersihan lidah, akan berakibat pada terjadinya bau mulut, kandidiasis oral atau sariawan, infeksi tenggorokan, dan lain-lain.

5. Tanda penyakit sesuai warna


Menurut Dr Puneet, warna-warna yang berbeda dari lidah menunjukkan gangguan yang berbeda atau menandakan adanya masalah kesehatan.

Lidah sedikit berwarna hitam disebabkan oleh pilihan gaya hidup seperti mengonsumsi kopi berlebihan dan merokok. Lidah berwarna kuning atau putih menunjukkan adanya pertumbuhan bakteri dan kebersihan mulut yang buruk.

Orang yang menderita penyakit kronis, biasanya memiliki warna lidah yang tidak biasa. Bila lidah dengan bintik-bintik kemerahan, menandakan terjadinya kekurangan vitamin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini