Sukses

Ini Alasan Obat Tambah Darah Penting untuk Ibu Hamil

Obat tambah darah bisa menurunkan risiko melahirkan prematur dan berat badan lahir rendah pada bayi.

Liputan6.com, Jakarta Agar terhindar dari komplikasi akibat anemia atau kurang darah saat hamil, biasanya petugas kesehatan memberikan obat tambah darah. Sayangnya, sejumlah wanita hamil menganggap kalau obat tersebut tidaklah penting. Terbukti data Riskesdas 2013 menunjukkan, terdapat 37,1 persen ibu hamil anemia. Yang menerima obat tambah darah di atas 90 persen tapi kepatuhan minum obat anemia hanya 18 persen.

Padahal seperti dikatakan Koordinator Sistem Kesehatan untuk program pemberian tablet tambah darah pada wanita hamil dari Micronutrient Initiative, dr Adhi Sanjaya., MSc-IH bahwa obat tambah darah bisa menurunkan risiko melahirkan prematur dan berat badan lahir rendah pada bayi.

"Kemauan untuk makan tablet tambah darah di Indonesia masih rendah. Apalagi mereka punya stigma, ini obat gratis. Jadi terserah saya mau minum atau tidak. Kedua, tablet tambah darah yang diberikan pemerintah berjenis Fero Sulfat yang memicu mual dan muntah. Ditambah lagi, obat ini diberikan pada kunjungan pertama. Sedangkan pada trimester pertama, wanita hamil sedang merasa perutnya yang tidak enak sehingga semakin mual dan muntah," jelasnya pada Liputan6.com, ditulis Senin (15/9/2014).

Tak selesai sampai disitu, Adhi menerangkan, wanita hamil yang mengalami anemia harus minum obat tambah darah minimal 90 tablet secara teratur dimulai dari terdeteksi kehamilan sampai 42 hari setelah melahirkan.

"Kalau obat yang diminum sebelum melahirkan itu agar ibu hamil aman waktu melahirkan. Sedangkan obat yang diminum setelah melahirkan itu berguna untuk mengganti darah," ungkapnya.

Adhi menambahkan, agar tidak terlalu mual, obat tambah darah sebaiknya diminum menjelang tidur. Ia menyontohkan, jika Anda makan malam pada pukul 19.00 atau 20.00 maka Anda bisa minum obat tersebut sebelum tidur misalkan pada pukul 22.00. Karena obat ini akan lebih baik diproses pada saat perut kosong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.