Sukses

5 Kiat Bikin Kulit Makin Kinclong

Kulit sehat bukan hanya dirawat dari luar, tapi juga mestinya juga dari dalam. Berikut 7 tips penting dari pakar dermatologi

Liputan6.com, Jakarta Kulit sehat bukan hanya dirawat dari luar, tapi juga mestinya juga dari dalam. Selain penggunaan lotion untuk mencegah kulit kering, konsumsi buah dan sayur juga penting untuk menjaga kelembapan kulit. Tapi, selain itu ada lagi beberapa hal penting yang bisa membantu menjaga kulit sehat.

Berikut 5 tips penting dari pakar dermatologi yang sebaiknya dilakukan untuk menjaga kulit sehat, seperti dilansir Huffingtonpost, Senin (7/7/2014)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Konsumsi buah


1. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran

Mungkin cara ini terus disebutkan para ahli kesehatan. Tapi memang, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran berdasarkan penelitian yang pernah dipublikasikan jurnal PLoS One menemukan bahwa orang yang makan banyak sayuran atau buuah berwarna-warni, cenderung lebih sehat dan lebih menarik.

Serius, menurut  ahli gizi, Elisa Zied, RD, salah satu alasan banyak konsumsi buah-buahan dan sayuran berwarna seperti wortel, labu, paprika merah, labu adalah karena karotenoidnya yang dapat membuat kulit tampak merah dan oranye.

Sebuah studi di American Journal of Clinical Nutrition juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi vitamin C, memiliki kulit lebih sehat dan jauh keriput, kulit kering dan kulit bersisik.

3 dari 6 halaman

Cuci muka

2. Cuci muka dua kali sehari

Kebanyakan wanita mencuci wajahnya tiga sampai empat kali sehari. Ini yang keliru. Menurut ahli dermatologi dan asisten profesor dermatologi di University School of Medicine Bosto, Emmy Graber, MD mencuci wajah dua kali sehari dapat membuat kulit lebih optimal.

"Semakin sering mencuci muka, semakin besar kemungkinan kulit Anda akan kering dan kehilangan kelembapan alami. Terlebih lagi, beberapa partikel scrub dapat menyebabkan goresan mikroskopis pada kulit," kata Graber.

Selain itu, kata Graber, bahan kimia seperti microbeads yang lembut pada wajah bisa mencemari laut, dan dapat meningkatkan racun dalam ikan yang kita makan.

4 dari 6 halaman

Kaca mata

3. Gunakan kacamata hitam

Menurut Graber, kulit di bawah mata cenderung sangat tipis dan sensitif sehingga sangat rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Anda lebih baik menggunakan  kacamata hitam besar yang dapat memberikan perlindungan matahari samapi 99-100 persen.

5 dari 6 halaman

Tabir surya

4. Jangan lupa sunblok

"Bahkan ketika Anda berpikir terlindungi oleh pakaian, kulit Anda butuh pelindung dari matahari," kata ahli bedah dan profesor dermatologi di UCSF, Neuhaus, MD.

6 dari 6 halaman

Posisi tidur

5. Pilih posisi tidur yang benar

Neuhaus mengatakan, tidur adalah cara terbaik untuk mencegah keriput. Masalahnya, tak semua posisi tidur baik untuk kesehatan kulit. kebanyakan dari kita lebih senang tidur menyamping dan tengkurap. Padahal tidur dengan bagian wajah ditekan pada bantal, bisa mudah keriput. Jika Anda tidak bisa tidur telentang karena memiliki masalah mendengkur atau sleep apnea, pertimbangkan untuk menggunakan sarung bantal sutra atau bantal khusus dengan potongan wajah Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini