Sukses

Poin Penting Agar Puasa Tidak Bolong

Puasa dimulai dari imsakiyah sampai adzan Maghrib berkumandang.

Liputan6.com, Jakarta Selama berpuasa tubuh kita tidak akan menerima asupan apa pun selama 14 jam lebih. Dimulai dari imsakiyah sampai adzan Maghrib berkumandang.

Agar puasa berjalan dengan lancar, konsumsi makanan yang membuat kita masih tetap segar hingga pukul 18:00, tidak menyebabkan rasa lapar, dan tidak menyebabkan kadar gula darah menurun.

Dr. Fiastuti Witjaksono MS.SpGK, mengatakan, supaya tiga poin di atas dapat kita jalani dengan sempurna adalah dengan cara mengonsumsi makanan yang lengkap selama sahur, dan hindari untuk tidak mengonsumsi satu jenis makanan atau minuman saja.

"Sejumlah orang `kan ada yang mengatakan kalau minum teh manis selama sahur sudah cukup. Padahal, kita harus mengonsumsi makanan lengkap. Ada nasi atau penggantinya seperti mie, roti, atau makaroni, lalu jangan lupa lauk pauk, ayam atau protein jenis lainnya, susu, sayur, dan ada buah," kata Fiastuti kepada Health Liputan6.com, ditulis Sabtu (28//6/2014)

Dokter Spesialis Gizi Klinik Departemen Ilmu Gizi FKUI RSCM, menambahkan, serat yang terdapat di dalam sayur dan buah, menyebabkan rasa kenyang bertahan lebih lama. Dan juga, menyebabkan kadar gula darah tidak turun cepat, sehingga tidak terasa lapar.

"Dan jangan lupa, minumlah 3 gelas pada saat kita sahur. Agar kita tidak dehidrasi," kata Fiastuti menambahkan.

Kemudian, lanjut Fiastuti, pada saat berbuka puasa, minumalah minuman manis supaya kadar gula darah cepat naik. Apakah itu teh manis, jus buah, atau minuman berasa buah. Setelah minum manis, usahakan untuk menunaikan salat Maghrib terlebih dulu, baru setelah itu, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan lengkap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini