Sukses

Studi: Anak Lahir Oktober & November Lebih Bugar

Peneliti meneliti anak-anak yang lahir berdasarkan bulannya dan dikaitkan dengan kemampuan atletiknya.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi yang diterbitkan International Journal of Sports Medicine ini cukup menarik. Peneliti meneliti anak-anak yang lahir berdasarkan bulannya dan dikaitkan dengan kemampuan atletiknya.

Hasilnya, seperti dikutip Nydailynews, Senin (15/9/2014) bahwa anak-anak yang lahir di bulan Oktober dan November lebih kuat fisiknya dan cenderung lebih prima dibandingkan anak-anak yang lahir di bulan lainnya.

"Kami percaya, musim memengaruhi kondisi anak. Pada bulan Oktober dan November atau musim panas, bayi yang baru lahir cenderung mendapatkan vitamin D yang cukup dari sinar matahari. Sedangkan kita tahu sinar matahari sangat bermanfaat bagi bayi untuk kekebalan tubuh yang lebih kuat dan tekanan darah yang stabil," jelas peneliti.

Penelitian yang dilakukan Dr Gavin Sandercock dan timnya ini melibatkan 8.550 anak laki-laki dan perempuan usia 10-16 tahun selama tiga tahun.

Peneliti menambahkan, anak yang lahir di bulan Oktober dan November memiliki kekuatan otot, dan kesehatan jantung lebih baik dibandingkan anak lainnnya. Selain itu, peneliti menemukan, anak yang lahir bulan April ditemukan paling tidak sehat secara fisik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.