Sukses

4 Alasan Kepala Bayi Sering Berkeringat

Orangtua terkadang cemas ketika melihat kepala bayinya sering berkeringat. Apalagi jika sudah dinyalakan AC tapi masih saja berkeringat.

Liputan6.com, New Delhi Orangtua terkadang cemas ketika melihat kepala bayinya sering berkeringat. Apalagi jika sudah dinyalakan AC tapi masih saja berkeringat.

Ketakutan bertambah bila suhu di kepala bayi lebih tinggi. Yang perlu diingat adalah suhu kepala bayi selalu lebih tinggi dibanding tangannya.

Apabila bayi berkeringat, lihatlah kondisinya. Jika kepala bayi berkeringat saat tidur atau menyusui, maka jangan buru-buru ke dokter.

Berikut beberapa alasan mengapa kepala bayi berkeringan lebih banyak dibanding tubuhnya seperti dilansir Boldsky, Jumat (30/5/2014):

1. Apakah bayi demam?

Kepala Anda terasa lebih panas bila dibandingkan bagian tubuh lainnya. Ini adalah fenomena umum yang banyak ditemui pada bayi. Apabila Anda ingin memeriksa bayi demam atau tidak, Anda harus merasakannya di pipi bayi atau kulit di bawah dagunya. Ini memberikan penilaian suhu tubuh yang lebih akurat.

Fungsi tubuh bayi berbeda dari orang dewasa. Jadi , jangan khawatir jika kepala bayi Anda panas. Mungkin dia merasa panas.

2. Kelenjar keringat

Bayi yang baru lahir tak memiliki kelenjar keringat aktif di kepalanya. Anda harus menyadari tubuh bayi Anda tak pernah berkeringat. Hanya kepala yang banyak berkeringat. Ini karena kepala bayi yang hanya memiliki kelenjar keringat yang aktif. Apabila kepala bayi Anda penuh dengan keringat, itu menunjukkan dia kepanasan.

3. Berkeringat di malam hari

Apabila Anda khawatir kepala bayi Anda berkeringat terus saat tidur, maka itu disebabkan hal yang valid. Bayi tak berputar atau pindah seperti orang dewasa saat tidur. Itulah sebabnya, kepala mereka
berada pada posisi yang sama. Ini menyebabkan kepalanya terlalu panas dan berkeringat di malam hari.

Alasan lain mungkin Anda menyelimuti bayi Anda saat tidur. Jangan terlalu panas karena bisa menyebabkan sindrom kematian mendadak.

4. Berkeringat saat menyusui

Ketika menyusui, kebanyakan ibu memilih posisi memeluk. Dan ini mengharuskan Anda menahan kepala bayi terus-menerus dalam posisi yang sama meski bayi Anda mulai jenuh.

Telapak tangan memberikan kehangatan di kepala lembut bayi Anda dan itulah alasannya kepala bayi Anda mungkin berkeringat saat menyusui.

Beberapa kondisi tersebut memang membuat kepala bayi berkeringat. Tetapi jika Anda masih merasa bahwa keringat di kepala bayi Anda deras sepanjang waktu , Anda bisa menemui dokter untuk menjelaskan alasannya.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.