Sukses

Vaksin MERS Berhasil Diciptakan di Amerika Serikat?

Perusahaan vaksin di Amerika, Gaithersburg biotek Novavax dengan Maryland University mengklaim telah berhasil mengembangkan vaksi MERS

Liputan6.com, Jakarta Setelah sempat membuat khawatir masyarakat dunia karena perkembangan virus Middle East respiratory syndrome begitu cepat, kini perusahaan vaksin di Amerika, Gaithersburg biotek Novavax bekerjasama dengan Maryland University mengklaim telah berhasil mengembangkan vaksin untuk MERS.

Wakil presiden dari penelitian dan pengembangan di Novavax, Gregory Glenn mengatakan, vaksin untuk memerangi korona telah diteliti dan berhasil menghentikan infeksi dalam penelitian laboratorium. Dan hal ini dibuktikan dengan uji coba yang dilakukan salah seorang warga AS yang terpapar korona belum lama ini. Menurut laporan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) pasien yang sekembali dari Arab tersebut kini telah pulih.

"Vaksin eksperimental dikembangkan berdasarkan perlindungan terhadap Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) yang memblokir antibodi sel. Saat kekebalan tubuh merespon virus, maka virus akan hancur," kata Glenn seperti Liputan6.com kutip dari SaudiGazette, Senin (12/5/2014) .

Glenn menambahkan, perusahaan Novavax yang memiliki kontrak dengan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan untuk mengembangkan flu musiman dan vaksin flu pandemi di AS juga rencananya akan membawa jutaan dosis vaksin ke pasar jika perlu. Penelitian ini telah dipublikasikan di Jurnal Vaccine.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini