Sukses

Tiga Generasi, Info Sehat dan Konsultasi Lintas Generasi

Kita terlalu fokus pada next generation, dan melupakan generasi pertama yang mana terdiri dari kakek dan nenek.

Liputan6.com, Jakarta Karena pengalaman yang tidak mengenakkan yakni pernah mendapatkan jawaban tidak memuaskan dari orang lain saat bertanya tentang sesuatu ketika si anak sakit, Noella (Ui) Birowo beserta dua sahabat karib, Astrid WEN dan Anjar Titisari memutuskan untuk membangun website konsultasi yang berisi informasi kesehatan langsung dari ahlinya, bernama `Tiga Generasi`.

Saat meluncurkan `markas` Tiga Generasi di Kawasan Wolter Mongonsidi, Jakarta Selatan, istri aktor Indra Birowo ini menuturkan, nama Tiga Generasi dipilih karena mewakili ciri khas dari keluarga Indonesia. Dalam satu keluarga, tidak hanya terdari dari orangtua dan anak saja, melainkan juga kakek dan nenek.

"Kita terlalu fokus pada next generation, dan melupakan generasi pertama yang terdiri dari kakek dan nenek. Karena terlupakan ini, mereka tidak punya tempat perkumpulan dan tempat merangsang otak. Jadi, di sini, kami mengkaver semuanya," kata Ui, Senin (5/5/2014).

Selama ini, menurut Ui, orang kerap bertanya pada tetangga atau orang lain, yang akhirnya hanya mendapatkan 'Menurut buku ini...' atau 'Kata si itu sakitnya karena ini, lho!'.

Dengan hadirnya situs dan tempat konsultasi ini, Ui berharap hal itu tak terulang lagi. "Segala informasi yang ada di situs kita, ditulis langsung oleh ahlinya. Pun ketika berkonsultasi, akan bertemu dengan ahlinya juga," kata dia menambahkan.

Meski website dan tempat konsultasi terbilang sederhana, tapi Ui yakin, dengan adanya para pakar hebat di belakangnya, Tiga Generasi dapat memberikan layanan terbaik  bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Kita ada 9 ahli di sini. Terdiri dari psikolog dan dokter. Psikolognya terdiri dari psikolog anak (5 orang), psikolog dewasa (relationship). Lalu dokternya terbagi menjadi dokter anak dan laktasi, spesialis jantung, spesialis mata, dokter gizi, dan pakar learning disability (gangguan belajar pada anak)," kata Ui menambahkan.

Ui mengatakan, dengan adanya pakar learning disability di Tiga Generasi, orangtua dapat membawa dan mencari tahu mengapa anak mengalami gangguan dalam belajar, seperti susah berpikir. Selama ini, lanjut Ui, orangtua tidak pernah menyadari bahwa anak sekolah yang tidak bisa berpikir adalah suatu masalah.

"Selain itu, orangtua juga tidak tahu, kalau ada lho ahli yang dapat membantu menangani masalah itu. Di sini itu adalah ahlinya," kata Ui pada Health Liputan6.com

Ke depannya, Tiga Generasi akan menyuguhkan segala layanan terkait keluarga dan berusaha untuk selalu mengedapankan edukasi yang terintegrasi untuk kerjasama. Melalui kerjasama dengan banyak ahli, pihaknya akan menjalankan aspirasinya untuk memperkuat keluarga di Indonesia.

Untuk itu, Tiga Generasi tidak hanya memberikan pelayanan berupa situs dan tempat untuk konsultasi. Bagi orangtua yang mungkin tidak dapat membawa anak, orang tua, atau mungkin diri sendiri ke tempat itu, pihak Tiga Generasi siap untuk melakukan penyuluhan dan konsultasi di rumah.

"Kita juga jemput bola dengan adanya home visit. Mungkin kalau ada yang membutuhkan penanganan klinis lebih lanjut, akan kita bawa ke tempat ini," kata Ui menekankan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi terkait kesehatan Tiga Generasi, dapat mengaksesnya di tigagenerasi.com atau datang langsung ke Jalan Ciniru 6/13, Wolter Mongonsidi, Jakarta Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini