Sukses

Cara Sehat Pengimbang Duduk Lama di Kantor

Hidup sehat di kantor bukanlah hal yang mudah. Kebiasaan makanan berkalori tinggi, minum kopi dan kurang istirahat bisa menabung penyakit

Liputan6.com, Jakarta Duduk selama lebih dari 10 jam di depan komputer bukan hanya memengaruhi produktivitas kerja tapi juga berpengaruh pada kesehatan. Bahkan sebelumnya, penelitian menemukan bahwa orang yang duduk selama berjam-jam di meja kerja siang hari cenderung mengalami kelebihan berat badan.

Sayangnya, menjaga kesehatandi tempat kerja bukanlah yang sederhana dan mudah. Apalagi misalnya ada teman sekantor yang sedang influenza atau batuk. Belum lagi, beberapa virus juga mengintai barang di sekitar Anda.

Namun jangan khawatir, seperti dikutip Boldsky, Selasa (1/4/2014) berikut adalah beberapa tips untuk menghindari kuman dan menjaga kondisi tubuh tetap fit selama di kantor sepanjang hari.

1. Membuat jurnal

Jurnal dapat memberi Anda kesempatan untuk merekam semua hal baik yang terjadi di tempat kerja. Sebuah studi telah menemukan bahwa orang yang menulis tiga hal optimis yang terjadi di tempat kerja, cenderung memiliki tingkat stres dan masalah kesehatan yang lebih rendah seperti sakit kepala dan ketegangan otot.

Praktek ini membantu Anda untuk fokus pada hal-hal baik yang terjadi di sekitar Anda dan membuat suasana hati Anda tetap positif.

2. Cuci tangan

Pastikan untuk mencuci tangan dan mulai menggunakan pembersih tangan. Jika Anda akan tinggal berjam-jam di tempat kerja, pastikan untuk menggunakan sebotol hand sanitizer di meja Anda dan gosokkan ke tangan Anda sesering mungkin.

3. Makan sarapan bergizi

Kebanyakan orang lebih memilih untuk melewatkan sarapan karena kurangnya waktu di pagi hari atau untuk menurunkan berat badan. Padahal faktanya, sarapan sehat dapat membuat Anda lebih sehat sepanjang hari.

Jadi pastikan untuk menikmati sarapan bergizi seperti irisan buah segar, gandum, sereal dan sepotong roti gandum. Jangan lupa untuk minum jus jeruk atau susu skim.

4. Pilih makan siang yang sehat

Makan beras merah untuk makan siang memiliki banyak manfaat kesehatan dibandingkan dengan nasi putih. Tambah juga wortel, kubis, kacang hijau, brokoli, dan ayam panggang untuk makan siang secara teratur agar Anda tetap sehat di tempat kerja.

Jangan pernah minum secangkir kopi di siang hari atau saat bekerja selama berjam-jam. Ketika Anda merasa haus, soda dan kopi mungkin dapat membantu Anda untuk tetap terjaga tetapi dapat menyebabkan dehidrasi.

Air putih adalah pilihan yang cerdas karena dapat menghilangkan racun dari tubuh Anda dan pastikan untuk menghindari soda berkalori tinggi setiap saat.

5. Membakar kalori di tempat kerja

Setiap kali Anda merasa lelah, pastikan untuk bangun dan berjalan-jalan selama beberapa menit. Biasakan untuk berdiri atau bergerak. Sebisa mungkin berdiri sambil berbicara melalui telepon atau berjalan ke tempat lain untuk menyampaikan pesan ke rekan-rekan Anda daripada mengirim email.

Jika tidak ada waktu, cobalah untuk melakukan dua menit pernapasan dan peregangan beberapa kali dalam sehari. Ini dapat membantu Anda untuk tetap sehat saat di tempat kerja dan dapat meningkatkan fokus bekerja. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.