Sukses

KTT ASEAN Ditutup

Upacara penutupan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN digelar di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Sabtu (19/11) sore.

Liputan6.com, Nusa Dua: Upacara penutupan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN digelar di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Sabtu (19/11) sore. Di awal acara, diputar video tentang perjalanan dan kiprah ASEAN di masa keketuaan Indonesia pada 2011.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selaku Ketua ASEAN. Dalam sambutannya, SBY menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas dukungan negara-negara ASEAN selama keketuaan Indonesia di 2011.

SBY menyatakan, ASEAN telah mencapai sejumlah raihan signifikan seperti memetakan posisi komunitas ASAEAN di komunitas global, perluasan KTT Asia Timur dengan mengikutsertakan Amerika Serikat dan Rusia, mencapai titik temu dalam soal Laut Cina Selatan dengan merilis sebuah Deklarasi Perilaku, serta memantapkan ASEAN sebagai zona bebas senjata nuklir. "Itu semua menjadi landasan kuat buat ASEAN untuk semakin maju," kata SBY

Kemudian, acara berlanjut dengan penyerahan sebuah kunci dari Menlu RI Marty Natalegawa ke Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan untuk menandai secara simbolik perluasan sekretariat ASEAN di Jakarta. Terakhir, dilakukan penyerahan palu keketuaan ASEAN ke PM Kamboja Hun Sen untuk 2012.

Setelah Hun Sen menyampaikan sambutan, sebuah video yang menceritakan soal Kamboja dalam posisi sebagai pimpinan ASEAN 2012 ditayangkan. Gambar-gambar kemolekan negeri tersebut ditampilkan di video tersebut. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini