Sukses

Polisi Dubai: Sridevi Tak Sadarkan Diri, Lalu Tewas Tenggelam dalam Bathtub

Artis India, Sridevi meninggal dunia di Dubai, Uni Emirat Arab, pada Sabtu, 24 Februari 2018.

Liputan6.com, Dubai - Kabar kematian superstar Bollywood, Sridevi bak petir di siang bolong bagi warga India. Salah satu artis paling populer di negerinya itu meninggal dunia di Dubai, Uni Emirat Arab, pada Sabtu, 24 Februari 2018.

Sridevi berada di Dubai untuk menghadiri acara pernikahan salah satu kerabatnya. Jenazahnya ditemukan di dalam bak mandi atau bathtub.

"Berdasarkan hasil analisis post-mortem, #DubaiPolice menyatakan bahwa kematian artis India #Sridevi akibat tenggelam di bak mandi hotel apartemennya, setelah korban kehilangan kesadarannya," demikian pernyataan Kepolisian Dubai dalam akun Twitter resmi mereka, seperti dikutip dari BBC, Selasa (27/2/2018).

Ini potret Sridevi di acara pernikahan salah satu keluarganya sebelum ia meninggal dunia. (Foto: instagram.com/sridevi.kapoor)

Pihak kepolisian telah menyerahkan berkas perkara tersebut ke kejaksaan. 

Kabar kematian Sridevi yang mendadak menerbitkan duka bagi warga India. Media sosial dibanjiri ucapan dukacita dan penghormatan bagi artis yang selama dekade mewarnai dunia layar lebar Negeri Gangga. Tak hanya para penggemar, para bintang Bollywood dan sejumlah elite politik India ikut berbelasungkawa.

Tak terkecuali Perdana Menteri India Narendra Modi. "Sedih dengan kepergian artis terkenal Sridevi yang terlalu cepat. Ia adalah veteran dalam industri perfilman, yang memiliki karier panjang dalam berbagai peran dan penampilan yang mengesankan. Simpatiku untuk keluarga dan penganggum mendiang yang sedang berduka. Semoga arwahnya beristirahat dalam damai: PM @narendramodi," tulis dia dalam akun resmi @PMOIndia.

Sridevi meninggalkan suami dan dua putrinya, Jhanvi dan Khushi Kapoor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Superstar Wanita Pertama India

Sridevi lahir pada 13 Agustus 1963. Debut pertamanya dalam industri film dimulai sejak belia, pada usia empat tahun. Kala itu, ia berperan dalam film Thunaivan besutan sutradara M.A. Thirumugham.

Sridevi saat masih kecil. (India TV News)

Kiprahnya di Bollywood dimulai sejak 1979, dalam film Solva Sawan. Empat tahun kemudian, Sridevi kian bersinar. Ia masuk daftar aktris Bollywood yang paling banyak dicari setelah membintangi film laga komedi Himmatwala.

Sridevi juga membintangi sejumlah film yang paling banyak ditonton tahun 1980-an dan 1990-an, termasuk Mawaali (1983), Tohfa (1984), Nagina" (1986), Mr. India (1987), Chandni (1989), Lamhe (1991), dan Gumrah (1993).

Sridevi dan Amitabh Bachchan dalam Inquilaab (Sumber: Instagram/ amitabhbachchan)

"Menurut saya, ia adalah superstar wanita pertama di India," kata kritikus Bollywood, Rajeev Masand, kepada CNN. "Tak peduli siapa aktor prianya, Sridevi mampu menghidupkan sebuah film."

Sridevi sempat mundur sejenak dari dunia yang membesarkan namanya. Ia ingin membesarkan dua anaknya, dari pernikahan dengan produser Boney Kapoor, sebelum akhirnya kembali berakting pada 1997 dalam film Judaai. Dalam film tersebut, ia berperan sebagai seorang ibu rumah tangga yang ambisius, yang secara tak sengaja menikahi pria yang tak mampu memuaskan nafsu duniawinya.

Judaai menjadi box office. Namun, penampilannya dalam English Vinglish mengukuhkan momentum kembalinya Sridevi dan menegaskan statusnya sebagai salah satu talenta Bollywood yang paling berharga dan tak lekang oleh zaman.

Dalam film tersebut, Sridevi berperan sebagai Shashi, ibu rumah tangga asal India yang hanya bisa bicara Hindi.

Ia terpaksa pergi ke New York untuk mengatur pernikahan seorang keponakannya. Wanita itu tersesat di jalanan kota Big Apple yang ramai dan sesak.

Setelah serangkaian penghinaan, Shashi memutuskan untuk belajar bahasa Inggris lewat kursus kilat empat minggu. "Tokoh yang diciptakan Gauri Shinde dan diinterpretasikan oleh Sridevi adalah karakter wanita India yang feminin dan unik," demikian cuplikan review di Hollywood Reporter.

Sridevi dianggap berjasa menginspirasi generasi baru artis India, dengan perannya yang menggambarkan kekuatan, kecantikan, keanggunan dengan pesona komedi.

Sridevi menghembuskan napas terakhirnya gara-gara serangan jantung. Saat meninggal dunia, sang suami dan putrinya berada di sisinya. (Foto: instagram.com/sridevi.kapoor)

"Sridevi adalah salah satu srikandi dalam dunia perfilman India yang mampu menghadapi pahlawan mana pun sendirian," kata Rachel Dwyer, Professor of Indian Cultures and Cinema di SOAS University, London.

"Sosok yang memiliki kecantikan luar biasa, seorang artis berbakat, penari yang cemerlang, komedian yang menyenangkan. Sridevi adalah legenda sejati."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.