Sukses

Kim Jong-un Penggemar Harry Potter dan Disney?

Seorang sumber dari Korea Selatan yang memahami isu Korea Utara mengklaim bahwa Kim Jong-un menyukai serial novel Harry Potter dan Disney

Liputan6.com, Seoul - Seorang sumber dari Korea Selatan yang memahami sejumlah isu Korea Utara mengklaim bahwa pemimpin 'The Hermit State' Kim Jong-un menyukai kisah dan tokoh fiksi Harry Potter.

Tak hanya suka, Kim Jong-un juga mengasosiasikan dirinya dan aktivitas yang dilakukan Korea Utara terhadap negara-negara Barat -- seperti Amerika Serikat -- selayaknya perjuangan Harry Potter melawan tokoh fiksi antagonis Voldemort sang penyihir jahat.

Si narasumber membuat klaim tersebut berdadarkan informasi yang ia ketahui; bahwa sejumlah serial novel fiksi Harry Potter karya novelis Inggris J.K Rowling turut beredar di Korea Utara.

Dan, bukan tak mungkin jika Kim Jong-un turut membaca novel populer itu, kata si narasumber.

"Serial novel Harry Potter sangat terkenal di dunia, termasuk di Korea Utara," kata sang narasumber dari Korea Selatan yang anonim, seperti dikutip dari media Inggris Daily Star (16/2/2018).

"Dan Kim Jong-un -- yang kemungkinan besar telah membaca novel itu -- mengasosiasikan dirinya seperti Harry Potter. Yakni, pemuda yang ditakdirkan untuk tumbuh dan melakukan banyak hal hebat, serta menumpas kejahatan di dunia," lanjutnya.

Si narasumber kemudian menganalisis bahwa ambisi Kim Jong-un untuk membangun senjata nuklir merupakan salah satu bentuk perjuangannya dan Korea Utara untuk menghadapi negara-negara Barat 'yang jahat' -- termasuk 'musuh utama Korut, Amerika Serikat dan Korea Selatan'.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Suka Disney

Si narasumber asal Korea Selatan itu juga mengklaim bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menyukai sejumlah film rumah produksi animasi raksasa AS, Disney.

Film-film Disney yang disukai Kim Jong-un, kata si narasumber, meliputi Dumbo, Cinderella, dan sejumlah lainnya.

Tak sekedar Harry Potter dan Disney, Kim Jong-un juga jatuh hati terhadap program musik hiburan Barat seperti X-Factor.

Bahkan, kesukaannya terhadap program itu memicu Kim Jong-un turut membuat X-Factor edisi Korea Utara yang disiarkan di televisi terafiliasi pemerintah North Korean TV (NKTV).

Program hiburan berformat pencarian bakat musik itu akan memiliki tujuh juri, termasuk salah satunya orang yang dekat dengan Kim Jong-un dan merupakan bagian dari rezim, yakni Menteri Kebudayaan Korea Utara Pak Chun-nam.

Analis isu Korea Utara, Markus Bell dari University of Sheffield Inggris mengatakan bahwa langkah Kim Jong-un menaruh perhatian besar terhadap produk literatur dan hiburan populer Barat merupakan "Bagian dari upaya Korea Utara untuk menampilkan kepada masyarakatnya dan dunia bahwa mereka adalah negara yang kuat dan kompeten."

3 dari 3 halaman

Juventus, Klub Sepak Bola Favorit Kim Jong-un

Sebagaimana para pemimpin Korea Utara lainnya, Kim Jong-un tak tercela. Seluruh rakyat memujinya. Meski demikian, ia adalah manusia biasa yang memiliki kesukaan.

Hal itu diungkapkan oleh senator Italia Antonia Razzi. Dia mengklaim pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un merupakan penggemar liga sepak bola Italia Serie A. Menurut Razzi, penyebab Kim dapat jatuh hati dengan liga sepak bola negara tersebut dipengaruhi besar oleh Kwang Song-han.

Kwang merupakan atlet sepakbola asal Korea Utara pertama yang mencetak gol di Liga Italia. Gol tersebut dicetak Kwang saat klub yang dibelanya, Cagliari, berhadapan dengan Palermo pada awal April 2017 lalu.

Sang senator yang dikabarkan baru pulang dari kunjungannya ke sejumlah negara di Asia Timur juga sesumbar bahwa Kim Jong-un merupakan penggemar antusias klub raksasa Italia, Juventus.

Razzi juga menjelaskan bahwa klub sepakbola yang dijuluki Si Nyonya Tua itu sangat populer di negara yang dipimpin oleh Kim.

Juventus sangat populer di Korea Utara hingga Razzi dengan berani menjelaskan bahwa, jika Si Nyonya Tua bertanding di Pyongyang, seluruh tiket dan kursi akan ludes terjual.

"Apakah dia (Kim) mengikuti sepak bola Italia? Tentu saja, ia tahu segalanya tentang Serie A dan NBA (liga basket AS)...Jika Juventus bermain di Stadion Pyongyang, yang berkapasitas besar itu, (aku yakin) itu akan penuh," kata Razzi kepada kantor berita olahraga Italia La Gezzetta dello Sport seperti yang diwartakan oleh Goal.com, Kamis, 27 April 2017.

Selepas dari kunjungannya dari sejumlah negara di Asia Timur, Razzi berencana akan menemui talenta asal Korea Utara Kwang Song-han.

"Apa yang akan aku katakan padanya nanti? Aku akan beri dia pujian. Dia pemain bertalenta di Eropa," ujar Razzi.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.