Ini 10 Cara Kim Jong-un Menghamburkan Uangnya

Oleh Rizki Akbar Hasan pada 13 Feb 2018, 22:00 WIB
Senyum Semringah Kim Jong-Un Saat Berkunjung ke Universitas Guru Pyongyang

Liputan6.com, Pyongyang - Pada tahun 2017, media Amerika Serikat Huffington Post memperkirakan bahwa Kim Jong-un memiliki kekayaan sekitar US$ 5 miliar (Rp 65,6 triliun).

Laporan itu juga menyebut, bahwa meski Kim Jong-un tampak terlihat konservatif, ternyata, pemimpin The Hermit State itu diduga kuat menghabiskan kekayaan tersebut untuk barang-barang mewah.

Koleksi barang mewahnya cukup beragam. Misalnya, sebuah sedan mewah Mercedes-Benz hitam yang sempat ia gunakan untuk sejumlah parade kenegaraan.

Sejumlah laporan menunjukkan adanya riwayat pembelian benda bernilai mahal yang dilakukan oleh Kim Jong-un, mulai dari kapal pesiar, miras mahal, dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat resor ski mewah. Demikian seperti yang diwartakan oleh CNN, Juni 2017.

Selain itu, menurut laporan PBB yang dirilis pada 2014, Korea Utara memiliki riwayat total transaksi pembelian barang mewah pada tahun 2012 senilai US$ 645,8 juta.

Jika ditempatkan dalam konteks, misalnya total impor Korea Utara dari negara lain, angka belanja barang mewah tersebut dinilai cukup tinggi. Mengapa?

Menurut data PBB yang dianalisis oleh MIT Media Lab's Observatory of Economic Complexity, dari total nilai impor Korea Utara yang mencapai US$ 3,47 miliar, transaksi untuk pembelian barang mewah menjadi pengeluaran terbesar kedua. Pengeluaran terbesar pertama adalah total nilai impor Pyongyang dari Beijing.

Dari sejumlah contoh, berikut 10 koleksi benda-benda mahal yang diduga kuat dimiliki oleh Kim Jong-un, seperti Liputan6.com rangkum dari The Richest (13/2/2018).

Saksikan Juga Video Pilihan Berikut Ini:

1 of 11

1. Kuda Pacu

Senyum Semringah Kim Jong-Un Saat Berkunjung ke Universitas Guru Pyongyang
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un tersenyum sambil bertepuk tangan saat mengunjungi Universitas Guru Pyongyang yang baru direnovasi di Pyongyang (17/1). (KCNA VIA KNS/AFP)

Kim dikenal menggemari kuda dan tak tanggung-tanggung menggelontorkan dana untuk hobinya itu. Menurut sejumlah laporan, sekitar 20 persen anggaran negara Korut dihabiskannya untuk merawat kuda balapnya.

Angka tersebut tergolong pemborosan besar, mengingat pada 2008 anggaran sektor publik Korea Utara hanya sekitar US$ 62 juta (Rp 812 miliar).

2 of 11

2. Bioskop Pribadi

Senyum Semringah Kim Jong-Un Saat Berkunjung ke Universitas Guru Pyongyang
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un saat mengunjungi Universitas Guru Pyongyang yang baru direnovasi di Pyongyang (17/1). (KCNA VIA KNS/AFP)

Kesukaan Kim menonton film tak lengkap jika tak didukung dengan bioskop pribadi.

Kabarnya ia memiliki sinema pribadi dengan kapasitas 1.000 kursi dan biaya membangun bioskop itu mencapai ratusan ribu dolar.

3 of 11

3. Puluhan Ribu Koleksi DVD Orisinil

Kim Jong-un (KCNA via Telegraph)
Kim Jong-un (KCNA via Telegraph)

Korea Utara melarang keras rakyatnya mengimpor film-film Barat. Namun, aturan itu tak berlaku bagi Kim Jong-un. Diduga ia memiliki koleksi 20 ribu keping film DVD yang asli.

Kebanyakan film yang ia tonton brasal dari Barat. Menurut kabar dari sahabatnya, eks pemain NBA Dennis Rodman, Kim menyukai film Rambo hingga Dallas.

Kim juga senang dengan film Godzilla dan Friday the 13th.

4 of 11

4. Kapal Pesiar

Kim Jong-un menginspeksi Pabrik Kimchi Ryugyong (KCNA)
Kim Jong-un menginspeksi Pabrik Kimchi Ryugyong (KCNA)

Sebagian besar orang mungkin hanya bisa bermimpi untuk memiliki kapal pesiar. Namun tidak bagi Kim Jong-un, tak hanya berangan-angan, ia memilikinya. Suami Ri Sol-ju itu punya sebuah kapal pesiar bernilai US$ 8 juta (Rp 105 miliar).

Kapal pesiar dengan panjang 60 meter tersebut dideskripsikan oleh temannya, Dennis Rodman, sebagai "perpaduan antara feri dan kapal Disney" yang dilengkapi interior desainer kelas dunia, Fendi.

5 of 11

5. Istana Pribadi

Sukses Luncurkan Rudal Balistik, Kim Jong-un Beri Penghargaan kepada Ilmuwan
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berpidato saat menghadiri Konferensi Industri Munisi ke-8 di Pyongyang (12/12). Kim Jong-un menyatakan para ilmuwan dan pekerjanya akan terus mengembangkan lebih banyak persenjataan. (AFP Photo/KCNA VIA KNS)

Dalam suasana serba kekurangan, warga Korea Utara berjuang keras mempertahankan hidup. Bahkan ada laporan, sebagian kaum ibu pedagang pasar Korea Utara yang menjajakan layanan seks demi bisa makan.

Sungguh berlawanan dengan keadaan rakyat biasa, mendiang Kim Jong-il ketahuan memiliki setidaknya 17 tempat kediaman mewah dengan segala fasilitas lengkap. Kini semua properti itu diduga kuat diwariskan pada penerusnya, Kim Jong-un.

Laporan lawas Chosun Ilbo mengungkapkan temuan Curtis Melvin yang menggunakan beberapa citra Google Earth.

Dalam citra Google Earth, tampak sebuah kompleks istana mewah di Distrik Ryongsong, pinggiran Pyongyang. Kompleks itu merupakan tempat tinggal ke-21 milik Kim Jong-il.

Menurut sejumlah sumber di dalam Korea Utara, kompleks istana itu merupakan tempat mendiang Kim Jong-il meluangkan sebagian besar waktunya ketika berada di Pyongyang.

6 of 11

6. Makanan Impor

Kim Jong-un gemar mengimpor makanan berkualitas tinggi
Kim Jong-un gemar mengimpor makanan berkualitas tinggi (AFP)

Kim dikenal sebagai pemimpin yang gemar memesan bahan pangan kelas dunia. Ia dilaporkan kerap mengimpor daging babi dari Denmark, kaviar dari Iran, dan daging steak dari Jepang.

Tak hanya itu, ketika ingin mengonsumsi sesuatu yang segar, Kim langsung memesan melon terbaik dari China dan mangga dari Thailand. Kontras dengan hal tersebut, sejak tahun 1990-an jutaan rakyat Korea Utara dikabarkan meninggal karena kelaparan.

7 of 11

7. Hadiah Mewah untuk Sang Istri

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un tersenyum ketika memeriksa pabrik kosmetik di Pyongyang, 29 Oktober 2017. Kantor berita KCNA kembali merilis aktivitas kunjungan kerja Jong-Un (AFP PHOTO / KCNA VIA KNS / STR)

Kim Jong-un menikah dengan Ri Sol-jun sejak 2009. Kim dikenal telah menghabiskan uang negara untuk membeli hadiah mewah untuk istrinya, seperti tas Christian Dior seharga US$ 1.457 (Rp 19 juta).

Angka tersebut hampir sama dengan pendapatan tahunan rata-rata rakyat Korut, yakni US$ 1.800 (Rp 23,5 juta).

Dilansir dari myfirstclasslife.com, selain tas rancangan desainer kelas dunia, Kim secara royal memberi hadiah mewah untuk istrinya, termasuk koki sushi pribadi, perhiasan mahal, dan pertunjukan pribadi.

8 of 11

8. Air Force Un

Kim Jong-Un
Foto yang dirilis kantor berita KCNA Pemimpin Korut, Kim Jong-un meninjau traktor buatan Kumsong Tractor Factory (15/11). Selain mengunjungi pabrik traktor, Kim Jong-un melakukan tur di bidang ekonomi beberapa pekan terakhir. (AFP Photo/Kcna Via Kns/Str)

Kim baru-baru ini mendandani ulang jet pribadinya. Dan ia dikabarkan menamai pesawat itu Air Force Un, menyamakan Air Force One.

Setelah menambahkan sentuhan mewah seperti nampan kristal dan sofa kulit, tampilan baru ini jauh lebih mewah daripada sebelumnya dan kemungkinan harganya sekitar US$ 1,5 juta.

9 of 11

9. Alkohol Impor

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un ditemani istrinya, Ri Sol-Ju (kanan) memeriksa produk kosmetik di sebuah pabrik di Pyongyang, 29 Oktober 2017. Kantor berita KCNA kembali merilis aktivitas kunjungan kerja Jong-Un (AFP PHOTO / KCNA VIA KNS / STR)

Kim Jong-un dikabarkan menghabiskan US$30 juta (Rp 394 miliar) per tahun hanya untuk mengimpor alkohol terbaik dari seluruh dunia. Menurut MSN, jenis favoritnya adalah wiski dan cognac.

Namun tak sembarang alkohol ia pesan. Salah satu merek favoritnya adalah Hennessy yang berharga hingga US$ 2.145 (Rp 28 juta) per botolnya.

10 of 11

10. Koleksi Jam Tangan Mewah

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un
Gambar tak bertanggal yang dirilis kantor berita KCNA pada 29 Oktober 2017 memperlihatkan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un ditemani istrinya, Ri Sol-Ju, tersenyum ketika memeriksa pabrik kosmetik di Pyongyang. (AFP PHOTO / KCNA VIA KNS / STR)

Kim jarang terlihat di muka umum tanpa mengenakan jam tangan mewah yang melingkar di pergelangan tangannya.

Ia dikenal gemar mengoleksi aksesoris tersebut yang jika dijumlah bernilai Rp 107,6 miliar.

Namun berita buruk harus diterima oleh Kim. Menurut laporan BBC, PBB melarang Swiss mengekspor jam tangan dan barang mewah ke Korea Utara terkait dengan proyek senjata nuklir dan rudal balistik yang dijalankan oleh negara tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

Saksikan Live Streaming MERGE "Between Technology and Us"

Tutup Video