Sukses

Tungku Masak Terus Menyala Selama 293 Tahun di Restoran Ini

Sebuah restoran di kota Madrid telah menyalakan tungku masaknya selama 293 tahun, dan kini menjadi bagian dari sejarah penting Spanyol.

Liputan6.com, Madrid - Mengelola bisnis restoran bukanlah perkara mudah. Margin yang ketat, tren kuliner yang terus berubah, dan kesulitan mendapat pelanggan loyal adalah beberapa isu utama yang kerap menjadi momok bagi banyak pemilik restoran.

Dilansir dari laman foodandwine.com pada Jumat (9/2/2018), sebuah restoran di kota Madrid, Spanyol, disebut berhasil melewati dua abad, dan terus bertahan sebagai salah satu destinasi kuliner favorit dan terbaik di dunia.

Sobrino de Botin, nama restoran itu, telah diakui oleh Guinness World Records sebagai satu-satunya restoran tertua yang masih beroperasi hingga saat ini, yakni sejak 293 tahun lalu.

Pimpinan restoran yang telah mengabdi selama 41 tahun, Luis Javier Sanchez, mengatakan bahwa Restoran Botin dibuka pertama kali pada tahun 1725 silam, yakni berupa sebuah toko roti yang juga menyertakan sup kental sebagai menu pendamping.

"Tungku masak kami terus memanggang roti selama 293 tahun, dan mampu hadirkan aroma yang melegenda, yang tidak akan bisa Anda temui di tempat lain," ujar Sanchez bangga.

Menurutnya, untuk mempertahankan aroma khasnya, tungku restoran tersebut selalu diupayakan dalam kondisi hangat setiap malamnya, sehingga wangi asap yang unik akan terus bertahan hingga proses memasak di keesokan harinya.

 

 

Simak video menarik tentang inovasi teknologi dan persaingan restoran berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagian dari Warisan Kuliner Spanyol

Selain tradisi memasak secara klasik, hal lain yang terus dipertahankan dengan baik adalah tentang dedikasi restoran itu dalam melayani setiap konsumen yang bersantap di sana.

"Kami juga memiliki rak penyimpanan koleksi anggur yang unggul. Tapi, bukan hal itu yang membuat kamu terus bertahan, melainkan cinta tulus kami dalam melayani konsumen melalui kreasi resep-resep yang tetap autentik sejak dulu," jelas Sanchez.

Untuk beberapa hal, beberapa menu yang ditawarkan telah menjadi bagian dari arsip sejarah kuliner Spanyol. Para juru masak yang terus berganti dari masa ke masa konsisten melanjutkan tradisi masak klasik di restoran tersebut sejak abad ke-16.

"Cita rasa masakan yang Anda santap sama seperti yang dibuat oleh sang pendiri," lanjutnya.

Pemerintah Spanyol – melalui Lembaga Budaya Nasional setempat – bahkan menempatkan dua menu utamanya, yakni cochinilo asado (babi panggang) dan cordero asado (domba panggang), ditetapkan sebagai salah satu warisan sejarah nasional non-fisik.

Meski tetap mengusung tradisi yang telah dijaga selama ratusan tahun, namun restoran Botin tidak mau tertinggal oleh perubahan zaman. Restoran ini telah memiliki situs, seluruh akun media sosial, dan kerap menempati peringkat papan atas pada situs peninjau wisata TripAdvisor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.