Sukses

KBRI: Tak Ada Korban WNI dalam Kebakaran RS di Korsel

KBRI Seoul mengatakan, insiden kebakaran masif yang melanda sebuah rumah sakit di Korea Selatan tak memakan korban jiwa WNI.

Liputan6.com, Seoul - Kebakaran melanda Rumah Sakit Sejong yang berada di Kota Miryang, Provinsi Gyeongsang Selatan, Korea Selatan. Diduga, api berawal dari ruang gawat darurat yang kebanyakan merawat pasien manula.

Insiden ini terjadi pada Jumat, 26 Januari 2018 pukul 07.30 waktu setempat. Menurut laporan terkini dari kantor berita lokal, Yonhap, 37 orang dilaporkan tewas dan lebih dari 70 orang terluka.

Yonhap menambahkan, lebih dari 200 pasien sedang berada di dalam rumah sakit yang letaknya di tenggara Korea Selatan ini. Sementara itu, 93 pasien dari rumah jompo berhasil dievakuasi dengan aman.

Menindaklanjuti pemberitaan kebakaran hebat tersebut, KBRI Seoul telah memastikan bahwa tidak ada korban WNI dalam peristiwa nahas itu.

Dari pantauan KBRI Seoul melalui pihak kepolisian Miryang, musibah hanya menimpa warga setempat dan seluruh korban merupakan warga Korea.

“KBRI Seoul terus memonitor dan melakukan komunikasi intensif dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan keselamatan WNI,” ujar Duta Besar RI untuk Korea Selatan, Umar Hadi, melalui keterangan resminya, Jumat (26/1/2018).

Ia menambahkan, bagi warga negara Indonesia yang memerlukan informasi dan/atau bantuan, dapat segera menghubungi hotline KBRI Seoul di nomor +82 10-5394-2546. 

Di sisi lain, Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in sudah memerintahkan pertemuan darurat untuk membicarakan insiden kebakaran di rumah sakit itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini