Sukses

Lahan Parkir Khusus Wanita di China Dianggap Seksis, Kenapa?

Banyak warganet di China menuding kemunculan lahan parkir khusus wanita sebagai sebuah tindakan seksis.

Liputan6.com, Chongqing - Bermunculannya lahan parkir khusus wanita dengan ukuran yang besar dan ditandai oleh lambang sepatu stiletto, menimbulkan kontroversi di kalangan pengguna media sosial di China.

Dilansir dari laman Australia Plus, Minggu (21/1/2018), lahan parkir yang dianggap seksis tersebut banyak ditemukan di kawasan timur dan utara negeri tirai bambu, seperti di Kota Chongqing dan Kota Hebei.

 

Salah satu lokasi parkir khusus wanita itu berada di Stasiun Jiande dan Tonglu di Provinsi Zhejiang. Kedua lahan parkir khusus itu berukuran lebar 3,2 meter, atau 1,5 kali lebih besar dari luas lahan parkir pada umumnya.

Warganet ramai memperdebatkan tujuan pembuatan lahan parkir bernada "seksis" itu di situs jejaring sosial Weibo. Banyak di antaranya yang menuding kehadiran lahan parkir khusus itu justru memperkuat anggapan bahwa wanita adalah pengemudi yang buruk.

Sementara itu, beberapa warganet lain mengatakan bahwa desain lahan parkir khusus tersebut cenderung memberikan perhatian berlebih pada wanita, dan mengancam kesetaraan hak di ruang publik.

"Tempat parkir perempuan lebih dekat dengan pintu keluar dan sistem pemantauan, yang lebih nyaman bagi pengendara wanita, untuk beristirahat atau berbelanja di bangunan utama, dan jauh lebih aman, terutama di malam hari," jelas Fang Hongying, Direktur Pelayanan Jalan Raya Jiande kepada surat kabar Xinhua.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pro dan Kontra terhadap Lahan Parkir Khusus Wanita

Banyak pengguna Weibo dengan cepat memberi label tempat parkir khusus itu sebagai hal seksis dan meragukan kemampuan pengemudi wanita.

"Ini benar-benar diskriminasi terhadap wanita," kata seorang pengguna bernama Nanyabianfu.

"Ini memperlakukan pengemudi wanita layaknya idiot. Wanita bisa melakukan apa pun yang bisa dilakukan pria."

"Tempat parkir mobil khusus wanita hanyalah sebuah bentuk yang menunjukkan bahwa pengemudi wanita tidak terampil," tulis mereka.

Sementara, sejumlah pengguna akun Weiblo lainnya menganggap hal itu sebagai sebuah keuntungan. Mereka juga menganggap pemberlakuan kebijakan lahan parkir khusus wanita, bukanlah ancaman diskriminasi gender.

"Desain lahan parkir khusus wanita adalah desain yang bagus dan nyaman," tulis pengguna bernama Caomuyiqiu_s.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini