Sukses

Detik-Detik Rekaman Buaya Rakus Santap Bangkai Ikan Raksasa

Detik-detik seekor buaya air asin memakan ikan kerapu itu berhasil direkam oleh Kate Rogers, seorang pengunjung yang berasal dari Darwin.

Liputan6.com, Cairns - Pengunjung Pantai Cardwell, Cairns, Australia hanya bisa tertegun ketika melihat seekor buaya air asin berenang dan menyantap seekor ikan kerapu raksasa.

Dikutip dari laman Daily Mail, Selasa (16/1/2018), pada mulanya, ikan kerapu raksasa itu terdampar yang kemudian dijadikan makan siang oleh buaya tersebut.

Tak menunggu waktu lama, saat buaya itu melihat ada bangkai langkah kakinya bergerak begitu cepat akibat hawa napsu memburu yang sangat tinggi.

Detik-detik seekor buaya air asin memakan ikan kerapu itu berhasil direkam oleh Kate Rogers, seorang pengunjung yang berasal dari Darwin.

Dalam video itu tampak si buaya membuka mulutnya dan menyobek-nyobek tubuh ikan kerapu.

Video inipun lantas viral di media sosial. Para pengunjung yang berada di lokasi tersebut memang sering melihat penampakan buaya.

Namun, baru kali ini buaya tersebut terlihat menyantap mangsanya di pinggir pantai.

Buaya memang dikenal sebagai hewan pemakan segalanya. Tak hanya makan ikan, seekor buaya di Lakeland bahkan pernah memakan buaya kecil.

Andrew Lilyquist, seorang fotografer spesialisasi alam liar mendapat pengalaman langka saat tengah berburu foto. Lilyquist melihat dengan kepalanya sendiri seekor buaya raksasa menyanta buaya lain yang berukuran kecil.

Dikutip dari ABC Action News, fotografer itu berniat memburu foto alam liar di Circle B Bar Nature Reserve di seputar kota Lakeland

"Jantung saya berdebar-debar. Awalnya saya hanya menyaksikan seonggok kepala besar dan saya merasa ini akan semakin asyik," katanya. "Ia besar sekali. Ketika ia sedang melintas, terasa sekali."

Dalam suatu klip video, buaya yang lebih besar itu mengayun-ayunkan seekor buaya yang lebih kecil, melemparnya ke air seakan ingin menggigit lebih kencang.

Tapi jangan terlalu kaget. Juru bicara dari kedinasan Florida Fish and Wildlife mengatakan bahwa perilaku kanibalisme buaya adalah sesuatu yang lazim, terutama di antara sesama pejantan pada musim berbiak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pria Australia Beri Makan Buaya Ganas

Video viral seputar buaya juga pernah terjadi di Australia para November 2017. Seorang pria Yolngu -- penduduk asli Negeri Kangguru di Northern Territory -- bernama Dima tengah memperlihatkan aksi berbahaya ketika berhadapan dengan seekor buaya berukuran besar di Arnhem Land, Australia.

Dilansir dari situs Daily Mail, dalam video berdurasi 20 detik itu menujukkan si pria tengah memancing amarah buaya dengan makanan.

Buaya yang begitu lapar tersebut bergerak begitu cepat seolah-olah ingin menerkam Dima. Meski terlihat begitu ganas, pria tersebut menganggap sang buaya seperti hewan peliharaan yang bisa diredam kemarahannya.

Video yang diunggah oleh akun Welcome To Country di situs pemutar video itu mendapat respon beragam dari netizen. Konon, masyarakat setempat memang menganggap buaya adalah kerabat yang harus dilindungi.

Namun, aktivis hewan di kawasan tersebut mengkritik Dima karena telah melakukan tindakan yang salah.

Kepala Parks Wildlife Commission, Tommy Nichols mengatakan bahwa tindakan mempermainkan seekor buaya adalah hal yang begitu konyol.

Pasalnya, buaya adalah hewan yang tak dapat dijinakkan dan diprediksi.

Meski begitu, masyarakat setempat sudah begitu percaya bahwa manusia harus akrab dengan buaya. Padahal, wilayah di Australia tengah memasuki musim penghujan.

Akan ada banyak wilayah yang tergenang dengan air. Hal ini memungkinkan seekor buaya dapat bergerak dengan cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.