Ini 5 Misteri Dunia yang Tak Bisa Dipecahkan Ilmu Pengetahuan

Oleh Afra Augesti pada 10 Jan 2018, 04:01 WIB
Idaho Devil Triangle

Liputan6.com, Jakarta - Meski sains dan teknologi berkembang pesat sejak Abad ke-20, tak dapat dipungkiri bahwa kita masih menghadapi segudang fenomena misterius yang tak masuk akal, lebih tepatnya tidak bisa dijelaskan secara ilmiah.

Seperti misal jalan raya maut di Idaho, Amerika Serikat. Jalan yang terletak sekitar 14,5 kilometer dari Lyme McMurray ini dikenal horor oleh banyak pengendara.

Oleh sebab itu, zona tersebut dinamai Idaho Devil Triangle karena bentuknya yang mirip roller coaster dan sering mendatangkan kecelakaan tunggal.

Saat berkendara dengan kecepatan normal, tiba-tiba mobil terlempar ke udara oleh kekuatan misterius. Lalu jatuh terjerembab ke tanah dan mengakibatkan korban jiwa lantaran kecelakaan.

Contoh lainnya yaitu misteri Stonehenge, situs yang berada di Dataran Salisbury atau 100 kilometer barat daya London, Inggris.

Benda bersejarah berupa susunan batu yang terbentuk secara alami akibat gempa bumi. Susunan batu ini berlokasi di Inggris

Stonehenge menjadi situs prasejarah terkenal dan termisterius di Eropa. Dibangun 4.300 tahun yang lalu, tubuh situs tersusun atas batu-batu besar yang membentuk lingkaran konsentris yang lengkap.

Lingkaran luar dari susunan batu itu berdiameter sekitar 90 meter. Sedangkan batu-batu kecil di sekitarnya berbobot 5 ton. Terbentuknya situs Stonehenge, menurut ahli sains, tak ada campur tangan manusia.

Selain itu, ada juga bola batu raksasa Costa Rica. Kisahnya, pada tahun 1930-an, ketika para pekerja konstruksi membuka jalan untuk penanaman pohon pisang di tengah hutan lebat di Costa Rica, selusin bebatuan misterius tiba-tiba muncul dan bentuknya sangat mirip dengan bola, bulat penuh.

Bola batu raksasa tang muncul secara misterius di tengah hutan lebat di Costa Rica. (documentarytube.com)

Rentang ukurannya, dari yang terkecil, yaitu sebesar bola tenis dengan diameter maksimal 8 kaki dan berat hingga 16 ton. Hampir semua batu bulat terbuat dari granodiorit, batuan keras yang tidak pernah terbaca keberadaannya di negara itu.

Mungkin proses pembuatan batu dilakukan dengan tangan, tapi jika begitu, jauh di dalam hutan terpencil, bagaimana manusia purba menggunakan alat sederhana untuk menciptakan bentuk bulat sempurna?

Berikut 5 misteri dunia yang belum bisa dipecahkan oleh para ilmuwan berdasarkan ilmu sains, dilansir Wonderlist, Selasa (9/1/2018).

1 of 6

1. Pulau 'Tak Bisa Kembali'

No Return Island
Dua ilmuwan asal Inggris dinyatakan hilang di pulau yang disebut "Tak Bisa Kembali" ini, pulau yang dekat dengan danau Rudolf, Kenya, Afrika Timur. (wonderslist)

Di dekat danau Rudolf, Kenya, Afrika Timur ada sebuah pulau misterius yang disebut "Envaitenet", yang berarti "tidak bisa kembali" dalam bahasa asli Aborigin.

Lebar dan panjang pulau ini hanya beberapa kilometer saja. Penduduk setempat tidak tinggal di pulau tersebut karena mereka menganggapnya sebagai pulau kutukan.

Sejumlah peristiwa aneh terjadi, orang-orang yang datang ke pulau berbentuk lingkaran itu lenyap secara misterius dan tidak pernah kembali.

Kisah itu pernah menimpa penjelajah Inggris Vivian Foss yang memimpin sebuah ekspedisi pada tahun 1935 untuk menjelajahi pulau itu. Dia tak sendirian, dia ditemani dua koleganya, Martin Scheverries dan Bill Dyson, yang berangkat terlebih dahulu ke pulau itu.

Ketiganya berjanji untuk bertemu kembali di sebuah titik kumpul lima hari kemudian. Namun setelah lima hari, Scheverries dan Dyson tidak muncul di titik kumpul yang telah disepakati.

Tim SAR kemudian diutus untuk melakukan pencarian keduanya. Sayang, mereka tidak menemukan tanda-tanda kehadiran atau aktivitas Scheverries dan Dyson. Apa yang ditemukan tim penyelamat hanya sebuah desa suku Aborigin yang sunyi di pulau itu.

Karena rasa penasaran yang bergejolak, Foss kemudian menyewa sebuah helikopter untuk mensurvei pulau. Hasilnya nihil, dia tak menemukan apa-apa.

Penduduk di luar pulau itu memberitahu Foss bahwa bertahun-tahun lalu, manusia pernah hidup di pulau itu. Mereka bertahan hidup dengan menangkap ikan, berburu hewan liar, dan memberlakukan sistem barter dengan penduduk di luar pulau.

Namun, sesuatu hal aneh terjadi. Seluruh penghuni pulau tiba-tiba lenyap tanpa jejak.

Sejumlah orang di luar pulau pergi ke lokasi kejadian untuk mengeksplorasi apa yang terjadi. Ketika mereka tiba di sana, mereka terpana melihat pemandangan yang mereka lihat.

Desa itu seperti telah lama ditinggalkan, tetapi rumah-rumahnya dibiarkan utuh. Fakta mengejutkan lain yaitu sisa pembakaran ikan yang terlihat masih baru. Kemana penduduk pulau itu pergi? Meski kenyataannya, tak ada tempat untuk bersembunyi di pulau itu.

2 of 6

2. Pria Berumun 256 Tahun

Pria Berumur 256 Tahun
Li Qingyuan, pria berumur 256 tahun yang hidup sejak era Dinasti Qing, di China. (wikimedia.org)

Li Qingyuan dinobatkan sebagai pria tertua di dunia. Ia lahir pada tahun 1677 dan meninggal pada tahun 1933 dalam usia 256 tahun.

Li adalah seorang sarjana kedokteran China dari akhir Dinasti Qing dan republik awal. Pada usia 100 tahun, dia mendapat penghargaan dari pemerintah atas prestasinya yang luar biasa dalam bidang pengobatan tradisional Tiongkok.

Saat berusia 200 tahun, ia kerap pergi ke kampusnya untuk mengajar.  Selain masih 'segar' untuk hal pendidikan, Li juga dikenal memiliki stamina baik sebagai seorang lelaki jantan.

Ia menikahi 24 wanita sepanjang hidupnya. Rumahnya pun dipenuhi oleh keturunannya. Lalu, apa yang membuatnya bisa bertahan hidup selama lebih dari dua abad? Misteri ini masih belum terpecahkan oleh ilmuwan.

3 of 6

3. Penampakan Monster di Danau Loch Ness

Gelombang Monster Loch Ness Tertangkap Kamera Wisatawan
Keberadaan monster berleher panjang dengan punuk di punggung yang berasal dari Danau Loch Ness Skotlandia atau biasa disebut monster nessie ini hingga kini terus menjadi misteri.(Wikipedia)

Danau Loch Ness adalah danau besar yang terletak di Dataran Tinggi Skotlandia. Danau ini memiliki panjang sekitar 37 kilometer dari Fort Augustus ke titik di sebelah tenggara kota Inverness. Lebar rata-rata danau ini sekitar 2 kilometer dengan kedalaman 230 meter.

Namun bukan soal geografis danau yang akan kita bahas di sini. Tapi soal penampakan makhluk misterius yang pernah terjadi di Loch Ness.

Pada bulan April 1934, dokter asal London, Wilson, mengambil gambar pemandangan danau. Secara tak sengaja, mata kepalanya melihat sesuatu muncul dan bergerak dari dasar danau.

Tanpa pikir panjang, ia segera mengabadikan momen tersebut. Foto hasil bidikan Wilson memperlihatkan sosok misterius berleher panjang dan kepala datar.

Banyak orang mengklaim makhluk tersebut adalah Plesiosauria yang telah punah lebih dari 70 juta tahun lalu. Plesiosauria adalah ordo dari hewan reptil yang hidup pada zaman Mesozoikum.

Namun hingga kini, identitas pasti makhluk tersebut belum terpecahkan.

4 of 6

4. Jalur Nazca di Peru

Jalur Nazca di Peru
Jalur Nzca adalah serangkaian geoglyph kuno besar di Gurun Nazca, Peru selatan. (Wonderslist)

Jalur Nzca adalah serangkaian geoglyph kuno besar di Gurun Nazca, Peru selatan. Area ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1994.

Jalur Nazca memiliki keunikan tersendiri. Di sana, tanahnya membentuk pola geometris yang terlihat seperti binatang. Pola besar ini dapat diamati dengan jelas hanya pada ketinggian di atas 520 meter di atas permukaan laut.

Sebenarnya, Jalur Nazca ditemukan oleh pesawat yang tak sengaja melintas di atasnya pada tahun 1930an dan para ilmuwan sejauh ini gagal menjelaskan asal-muasal garis-garis tersebut.

Ada yang menjabarkan bahwa pembentukan garis-garis tersebut berasal dari konstruksi yang ditangguhkan. Namun beberapa peneliti berpikir bentuk garis-garis tersebut merupakan kalender astronomi yang digambar secara tak sengaja oleh orang-orang Peru pada masa lampau, untuk membantu penanaman dan panen.

5 of 6

5. Crop Circles

Penampakan Crop Circle (Google Earth)
Penampakan Crop Circle (Google Earth)

Penampakan Crop Circle pernah mengguncang dunia pada tahun 1970an. Lingkaran misterius itu dianggap sebagai tempat mendarat UFO dan tempat diculiknya manusia oleh alien.

Namun untuk beberapa dekade berikutnya, pola Crop Circle yang lebih rumit muncul di publik.

Ada yang berasumsi bahwa Crop Circle tercipta karena topan dan kondisi cuaca tak normal. Semakin majunya zaman, orang-orang semakin tak takut dan tak penasaran lagi dengan fenomena aneh ini.

Mereka justru memanfaatkan bentuk Crop Circle sebagai sebuah karya seni, seperti misal menerapkannya di sawah dan tanah perkebunan.

Lanjutkan Membaca ↓
Beni RustamBeni Rustam

wkwkkk

elafitrielafitri

Mumgkin masih belum terpecahkan kali ya misterinya

rizkikirizkiki

berarti ini yang begini ini termasuk keajaiban tuhan ini, ga bisa dijelaskan oleh manusia