Sukses

China Tawarkan Visa 10 Tahun bagi Warga Asing Berbakat

Para pemimpin di bidang teknologi, pengusaha, dan ilmuwan dari sektor yang paling dibutuhkan merupakan mereka yang memenuhi syarat.

Liputan6.com, Beijing - China mengeluarkan visa dengan masa berlaku cukup panjang, yakni antara lima hingga 10 tahun. Hal itu dilakukan untuk menarik para ahli dari luar negeri agar bekerja di Negeri Tirai Bambu itu.

Dikutip dari BBC, Jumat (5/1/2018), para pemimpin di bidang teknologi, pengusaha, dan ilmuwan dari sektor yang paling dibutuhkan merupakan mereka yang memenuhi syarat untuk dapat mendapatkan visa tersebut.

China secara terbuka telah menetapkan tujuan untuk mengembangkan ekonomi dan sosialnya. Merekrut pakar dari luar negeri dinilai sebagai kunci untuk mencapai hal tersebut.

Ketika skema tersebut pertama kali dipertimbangkan, China mengatakan bahwa setidaknya terdapat 50 ribu tenaga asing yang akan diuntungkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Visa Diperoleh Gratis

Menurut pemerintah China, permohonan visa dapat dilakukan secara online, gratis, dan diproses dengan cepat.

Para pemegang visa diizinkan tinggal di negara tersebut dengan berhak membawa pasangan dan anak-anak mereka.

Pada 2016, China memperkenalkan sistem peringkat untuk para ekspatriat. Hal itu bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan yang ingin mereka peroleh, sekaligus mengurangi jumlah orang asing berketerampilan rendah yang masuk ke negaranya.

3 dari 3 halaman

Mereka yang Bisa Mendapatkan Visa

Menurut sebuah dokumen yang dirilis saat itu, mereka yang digolongkan sebagai "talenta asing kelas atas", termasuk para pemenang Nobel.

Selain itu, atlet Olimpiade yang sukses dan direktur perguruan tinggi seni dan musik terkemuka di dunia juga termasuk dalam kelompok itu.

Ilmuwan terkemuka seperti kepala institusi keuangan dan profesor di universitas bonafide juga memenuhi syarat tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Visa adalah izin memasuki negara lain atau tinggal sementara di negara lain.

    VISA

Video Terkini