Sukses

Video Detik-Detik Tentara China Tak Sengaja Jatuhkan Granat

Seorang tentara muda China tak sengaja menjatuhkan granat aktif. Untung sang komandan sigap bertindak.

Liputan6.com, Beijing - Apa yang terjadi di China ini membuktikan bahwa militer adalah profesi yang berbahaya. Maut tak hanya mengintai di tengah pertempuran yang diwarnai desingan peluru dan ledakan bom.

Risiko juga bisa terjadi di tengah latihan. Seorang tentara muda tak sengaja menjatuhkan granat aktif. Bahan peledak itu terlepas dari tangannya dan mendarat tepat di sampingnya.

Lalu, apa yang kemudian terjadi?

Insiden tersebut nyaris membahayakan jiwanya, atau setidaknya bisa membuat sang serdadu luka parah.

Untung saja, saat itu, komandannya juga ada di lokasi kejadian. Dengan insting seorang tentara terlatih, ia menarik serdadu muda itu ke parit perlindungan hanya beberapa detik sebelum granat akhirnya meledak.

Seperti dikutip dari Daily Mail, insiden tersebut terjadi pada 2016 lalu, tapi videonya baru dibagikan oleh kantor berita China, Xinhua News pada Selasa, 2 Januari 2018.

Media People's Liberation Army Daily mengabarkan, sang kadet, Zhang Yu sedang melakukan uji coba granat pada awal Desember 2016.

Zhang menjalani pelatihan militer di Sekolah Kadet Angkatan Udara di Xi'an, Provinsi Shaanxi, China Tengah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saksikan Videonya

Video yang kemudian viral menunjukkan, Zhang gagal melempar granat tangan ke sasaran.

Granat tersebut justru meluncur jatuh dari tangannya dan mendarat dekat kaki sang kadet. Zhang kala itu tak menyadari, nyawanya hanya berjarak sejengkal dari maut.

Untungnya, insiden itu disadari sang pelatih yang langsung meraih tubuhnya untuk berlindung di parit yang jaraknya 1 meter dari ledakan.

Suara ledakan keras kemudian terdengar, disusul kepulan asap tebal. Baik Zhang maupun komandan yang telah menyelamatkan nyawanya dilaporkan tak mengalami hal berbahaya dalam insiden itu. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China