Sukses

Lindungi Mobil Mewah, Orang Kaya Inggris Pasang Duri di Pohon

Orang kaya Inggris memasang duri anti-burung di dua pohon tempat tinggal unggas itu. Ini alasannya.

Liputan6.com, Bristol - Warga kelas atas Inggris memasang duri anti-burung di dahan pohon. Hal tersebut dilakukan dalam upaya untuk melindungi mobil mewah mereka dari kotoran burung.

Duri tersebut umumnya digunakan untuk mencegah burung beristirahat dan membangun sarang di tepian dan sudut bangunan. Namun, kali ini duri itu dipasang di dua pohon di Bristol, Inggris, yang sontak mendapat kecaman dari pemerhati lingkungan.

Dua pohon yang terletak di kebun depan flat milik pribadi di Clifton itu, digambarkan oleh seorang anggota Partai Hijau sebagai tempat yang tak dapat dihuni oleh burung.

Salah satu warga kelas atas di sana mengonfirmasi bahwa duri besi itu semata-mata untuk melindungi mobil dari kotoran burung. Kendaraan mewah roda empatnya termasuk BMW dan Audi.

"Ada masalah besar dengan kotoran burung di sekitar sini. Mereka benar-benar dapat mengacaukan mobil, dan tampaknya burung itu berkumpul di area ini," ujar warga yang tak mau disebutkan namanya itu seperti dikutip dari Independent, Kamis (21/12/2107).

"Kami mencoba metode lain untuk menakut-nakuti burung. Kami sudah memasang burung pemangsa yang terbuat dari kayu di cabang-cabangnya, tapi sepertinya itu tak berdampak apa-apa," imbuh dia.

Duri anti-burung itu biasanya digunakan di pusat perbelanjaan Inggris untuk melindungi pembeli dari kotoran burung.

Namun, penggunaan duri di pohon merupakan hal yang sangat langka, meski alat itu sudah terpasang di beberapa dahan sejak beberapa waktu lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Duri Anti-Burung Tuai Kritikan

Salah seorang anggota dewan dari Partai Hijau, Paula O'Rourke, merespons hal tersebut.

"Saya sadar bahwa pemilik tanah mungkin secara legal memenuhi hak mereka untuk melakukan hal tersebut, karena pohon itu tampaknya berada di lahan pribadi," ujar O'Rourke.

"Namun, saya akan meninjau hal ini di dewan."

"Entah diizinkan atau tidak, kelihatannya mengerikan dan memalukan melihat pohon-pohon sengaja dibuat agar tak dapat dihuni bagi burung -- mungkin untuk kepentingan parkir mobil."

"Terkadang terlalu mudah melupakan manfaat yang kita dapatkan dari pepohonan dan ruang hijau dan dari keberadaan satwa liar di sekitar kita di kota," jelas O'Rouke.

Pengguna Twitter Jennifer Garrett menulis, "Perang kita terhadap satwa liar: sekarang burung tak diperbolehkan di pohon..."! Duri anti-burung terlihat di Clifton, Bristol, di atas tempat parkir. Apakah ada yang melihat ini sebelumnya? Bagaimana itu diperbolehkan?!"

Komentar Garrett telah di-retweet lebih dari 2.000 kali. Sementara banyak pengguna lain yang mengutuk adanya duri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini