Sukses

Robert Mugabe: Pahlawan Kemerdekaan yang Menjelma Jadi Diktator

Mugabe telah menjadi pemimpin Zimbabwe sejak kemerdekaan negara itu pada 1980 hingga ia dikudeta tanggal 15 November 2017.

Liputan6.com, Harare - Robert Mugabe (lahir tahun 1924) telah menjadi pemimpin Zimbabwe sejak kemerdekaan negara itu pada 1980 hingga ia dikudeta tanggal 15 November 2017.

Sebelum dikudeta, Mugabe merupakan salah satu pemimpin negara Afrika yang paling lama berkuasa dan yang paling terkenal di dunia. Demikian seperti dikutip dari History.com, Selasa (21/11/2017).

Dilatih sebagai guru, Mugabe sempat menghabiskan 11 tahun sebagai tahanan politik di bawah pemerintahan Ian Smith di Rhodesia (nama Zimbabwe pra-kemerdekaan, saat masih dijajah oleh Inggris).

Usai menjadi tapol, Mugabe bangkit untuk memimpin gerakan Zimbabwe African National Union.

Pria itu juga menjadi salah satu negosiator kunci dalam Lancaster House Agreement 1979 yang mengarah pada kemerdekaan Republik Zimbabwe. Setelah kemerdekaan itu, Mugabe terpilih sebagai Perdana Menteri dan kemudian menjadi Presiden Zimbabwe.

Selama memimpin, Mugabe dikenal mampu melakukan rekonsiliasi dengan kelompok kulit putih minoritas di Zimbabwe. Namun, ia juga kerap diketahui sebagai orang yang intens menyikut lawan-lawan politiknya.

Memasuki tahun 2000, Mugabe mendorong pengambilalihan peternakan komersial milik kelompok kulit putih, menyebabkan keruntuhan ekonomi dan inflasi. Dan sejak itu kepercayaan rakyat Zimbabwe memudar terhadapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Aktivis Politik

Robert Gabriel Mugabe lahir pada tanggal 21 Februari 1924 di Katuma, sebuah komunitas Kristen Yesuit yang berjarak sekitar 80 km dari Salisbury, Ibu Kota Koloni Inggris di Rhodesia Selatan. Ayahnya, Gabriel Matibili, adalah seorang tukang kayu dari Nyasaland (Malawi). Ibunya, Bona, termasuk dalam kelompok etnis Shona yang terkemuka.

Mugabe lulus dari Katrina St. Francis Xavier College pada 1945. Selama 15 tahun berikutnya, ia mengajar di Rhodesia (negara penerus Koloni Inggris di Rhodesia Selatan) dan Ghana, kemudian menempuh pendidikan lanjutan di Fort Hare University di Afrika Selatan. Di Ghana ia bertemu dan menikahi istri pertamanya, Sally Hayfron.

Pada 1960 Mugabe bergabung dengan partai pro-kemerdekaan Rhodesia, National Democratic Party dan menjadi sekretaris publisitasnya. Pada 1961, NDP mendapat status terlarang dari pemerintah Rhodesia.

Oleh karena itu, partai NDP kemudian direformasi menjadi Zimbabwe African Peoples Union (ZAPU) dan berkembang menjadi salah satu parpol besar di Rhodesia. Dua tahun kemudian, Mugabe meninggalkan ZAPU untuk Zimbabwe African National Union (ZANU, kemudian ZANU-PF), partai politik yang menaunginya saat ini.

 

3 dari 5 halaman

Jadi Tahanan Politik

Pada 1964, ZANU mendapat status terlarang dari pemerintah Kolonial Inggris di Rhodesia Selatan. Dampaknya, Mugabe ditangkap dan dipenjara menjadi tahanan politik.

Setahun kemudian, Perdana Menteri Rhodesia, Ian Smith mengeluarkan Unilateral Declaration of Independence untuk menciptakan negara Rhodesia yang dikuasai etnis kulit putih, membatalkan rencana perumusan Inggris untuk menetapkan aturan mayoritas di sana serta memicu kecaman internasional.

Di penjara, Mugabe mengajar Bahasa Inggris untuk rekan-rekan tahanannya dan mendapatkan gelar sarjana dengan korespondensi dari University of London.

Ia kemudian ibebaskan pada 1974 dan segera pergi ke pengasingan di Zambia dan Mozambik.

Pada 1977 ia mendapatkan kendali penuh atas front politik dan paramiliter ZANU, secara efektif menjadikan Mugabe pemimpin partai tersebut.

Setelah itu, Mugabe lantas mengadopsi ideologi Marxisme-Maoisme. Pengadopsian ideologi itu membuat Mugabe dan ZANU menerima pasokan senjata dan pelatihan dari Asia serta Eropa Timur, juga tetap menjalin hubungan baik dengan para donor dari Barat.

 

4 dari 5 halaman

Mugabe Membentuk Zimbabwe

Kesepakatan pada 1978 yang dibangun antara Perdana Menteri Rhodesia, Ian Smith dan pemimpin kulit hitam moderat pro-Smith, membuka jalan bagi terpilihnya Uskup Abel Muzorewa sebagai perdana menteri negara boneka Rhodesia yang bernama Rhodesia- Zimbabwe.

Namun, negara boneka itu tidak mendapat pengakuan internasional karena ZANU dan ZAPU tidak berpartisipasi dalam pemilihan tersebut.

Pada 1979, Perjanjian Lancaster House yang ditengahi Inggris membawa partai besar di kawasan untuk menyetujui peraturan mayoritas sambil melindungi hak asasi dan properti kelompok minoritas kulit putih. Perjanjian itu berujung pada terbentuknya negara Zimbabwe modern .

Pada 4 Maret 1980, Mugabe berhasil memenangkan pemilihan presiden Zimbabwe. Salah satu misi utamanya adalah untuk meyakinkan 200.000 orang kulit putih di Zimbabwe -- termasuk 4.500 petani komersial -- terjamin kehidupannya.

Tahun 1982, Mugabe mengirim paramiliter ZANU, Fifth Brigade -- yang dilatih oleh Korea Utara -- ke markas ZAPU di Matabeleland untuk mengerdilkan partai politik tersebut. Lima tahun berikutnya, Mugabe juga diduga sebagai dalang di balik pembunuhan 20.000 warga sipil Ndebele. Seluruh rangkaian kekerasan itu dianggap sebagai langkah Mugabe untuk melakukan genosida politik.

Pada 1987 Mugabe justru beralih taktik, yakni dengan merangkul ZAPU dan menyerap ZANU-PF yang berkuasa. Langkah itu menciptakan negara otoriter satu partai secara de facto dengan Mugabe sebagai presiden yang berkuasa.

 

5 dari 5 halaman

Jalan Menuju Tirani

Sepanjang 1990-an, Mugabe terpilih untuk kedua kalinya menjadi Presiden Zimbabwe.

Tendensi tirani Mugabe dimulai pada tahun 1998, ketika dia mengirim pasukan Zimbabwe untuk melakukan intervensi dalam perang saudara Republik Demokratik Kongo - sebuah langkah yang banyak dipandang sebagai perebutan berlian dan mineral berharga di negara itu.

Pada 2000 Mugabe menyelenggarakan sebuah referendum mengenai sebuah konstitusi Zimbabwe baru. Konstitusi itu akan memperluas kekuasaan presiden dan mengizinkan pemerintah untuk merebut tanah milik kelompok kulit putih.

Kelompok yang menentang rancangan itu, membentuk Movement for Democratic Change (MDC), yang berhasil menggagalkan referendum.

Pada tahun yang sama, sekelompok individu mulai menyerang peternakan milik kelompok kulit putih. Kekerasan menyebabkan banyak orang kulit putih Zimbabwe melarikan diri dari negara tersebut. Pertanian komersial Zimbabwe -- yang sebagian besar dikelola oleh kulit putih -- ambruk, memicu hiperinflasi dan kekurangan pangan yang memicu kemiskinan.

Meski telah dilanda berbagai krisis, Mugabe tetap kokoh di singgasana kepresidenan.

Setelah pemilihan 2008 diwarnai oleh aksi kekerasan yang disponsori oleh ZANU-PF, Mugabe ditekan oleh sekutunya untuk membentuk sebuah pemerintahan inklusif dengan pemimpin partai MDC (oposisi), Morgan Tsvangirai sebagai wakil presiden.

Namun saat melaksanakan kesepakatan tersebut, Mugabe justru menekan, menundukkan anggota parlemen MDC untuk ditangkap, dipenjarakan, dan disiksa.

Mugabe tidak memiliki pengganti yang jelas, sehingga tidak jelas arah mana yang akan diambil Zimbabwe setelah pemimpin gerakan kemerdekaannya meninggal dunia atau akhirnya kalah dalam pemilihan.

Kabar terbaru menyebut, bahwa Mugabe -- sebelum dikudeta -- tengah menyiapkan istrinya, Grace Mugabe sebagai suksesor.

Hal itu dibuktikan dengan langkah Mugabe yang melengserkan Wapres Emmerson Mnangagwa -- yang merupakan salah satu figur penting di Zimbabwe dan seakan memuluskan langkah Grace Mugabe sebagai presiden.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini