Sukses

Burung 'Raksasa' Tabrak Moncong Pesawat Saat Terbang

Pihak berwenang mengatakan Penerbangan 1498 berhasil mendarat dan parkir dengan aman. Tanpa masalah apapun.

Liputan6.com, Miami - Pesawat terbang milik American Airlines berhasil mendarat dengan selamat pada Selasa 14 November 2017 lalu. Pasalnya, burung besi itu ditabrak seekor burung 'raksasa' di moncong pesawat tujuan Florida.

Dikutip dari Dailymail.co.uk Jumat (17/11/2017), pesawat jenis Airbus A319 yang terbang dari Mexico City sedang dalam perjalanan menuju Miami International Airport sekitar pukul 11.00 saat seekor burung menabrak hidung pesawat.

Pihak berwenang mengatakan Penerbangan 1498 berhasil mendarat dan parkir dengan aman. Tanpa masalah apapun.

"Benar, kami memiliki masalah dengan burung (yang sedang terbang), hal seperti itu sering terjadi, tapi tidak pernah seperti ini," kata seorang pegawai dari American Airlines kepada Local 10 News.

Sayap burung tersebut terlihat bergantung dari dalam bagian hidung pesawat.Para pegawai bandara yang berkumpul langsung mengabadikan foto dari kejadian yang jarang terlihat itu.

Diperkirakan makhluk berbulu tersebut tersangkut pada bagian hidung pesawat setelah benturan yang tak dapat terhindar tersebut terjadi.

Petugas segera memanggil dinas pertolongan binatang agar burung malang yang sudah mati tersebut untuk dikeluarkan dari bagian hidung pesawat.

Setelah burung besar itu sudah tidak ada di badan pesawat, pesawat tersebut dibawa ke pusat perawatan untuk diperbaiki kerusakannya.

Untuk sementara, penerbangan di waktu yang akan datang akan menggunakan pesawat terbang pengganti yang sudah disiapkan.

Tak ada yang terluka dalam insiden langka ini, kecuali si burung malang itu. (Affifa Zahra)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Burung Bangkai Tabrak Pesawat

Insiden burung yang menabrak badan pesawat juga pernah terjadi sebelumnya.

Dalam penerbangan sebuah pesawat pribadi tahun lalu, seekor burung bangkai menabrak kaca depan pesawat terbang tersebut.

Kerasnya hantaman badan burung bangkai memecahkan jendela, membuat sejumlah orang di dalam pesawat terciprat darah bercampur bulu.

Akibat lubang di jendela kokpit, pesawat terpaksa melakukan pendaratan darurat.

Sementara, atap pesawat dipenuhi bagian-bagian burung bangkai. Sang kapten terlihat shock bukan kepalang.

Peristiwa serupa juga terjadi di Spanyol dan memakan korban jiwa.

Aparat Spanyol mengatakan, tiga warga negara Prancis tewas saat pesawat kecil yang mereka tumpangi bertabrakan dengan burung bangkai pada Mei 2016.

Saksi mata menyebut, pesawat nahas itu menabrak burung bangkai sebelum kecelakaan terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.