Sukses

Trump Dinilai Gagal Desak Isu HAM dalam Lawatannya ke Asia

Trump dituding memalingkan diri dari isu HAM dan kebebasan pers dalam lawatannya 12 harinya ke Asia.

Liputan6.com, Beijing - Banyak pihak menuding Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, berpaling dari hal-hal terkait hak asasi manusia (HAM) dan kebebasan pers dalam lawatan Asianya yang baru saja berakhir.

Dikutip dari VOA Indonesia pada Jumat (17/11/2017), Human Rights Watch (HRW) dan Reporters Without Borders (RSF) menuduh Trump seolah membiarkan terjadinya praktik pelanggaran HAM dan antipers yang dijalankan oleh beberapa rezim pemerintahan otoriter di Asia.

Brad Adams selaku Direktur HRW Asia mengatakan, "Suara AS mengenai HAM telah hilang."

Sementara itu, Kepala Cabang Asia Pasifik RSF Daniel Bastard berseru, "Trump telah membiarkan pemimpin otoriter di Asia berbuat semaunya."

RSF mengecam Trump setelah membiarkan Presiden China, Xi Jinping, melarang adanya pertanyaan pers dalam lawatannya di Beijing.

Juru bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders mengatakan, sesi tanya jawab itu ditiadakan atas desakan dari pemerintah China.

Sebelumnya pada 2009, Presiden Barack Obama juga dikecam keras lantaran tidak mengizinkan reporter bertanya dalam kunjungan pertamanya di Beijing.

Obama kemudian meyakinkan pers Tiongkok untuk membuka pertanyaan, saat ia kembali berkunjung ke China lima tahun mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini