Sukses

Kilatan Bola Bercahaya Terlihat di Langit Arizona, UFO?

Negara bagian lain yang juga melihat kilatan cahaya itu adalah California, Nevada, Utah dan New Mexico.

Liputan6.com, Phoenix - Sebuah kilatan misterius tiba-tiba muncul di langit kota Phoenix, Arizona, Amerika Serikat pada Rabu, 15 November 2017 malam. Penampakan kilatan cahaya tersebut seketika menimbulkan ketakutan. Kehadiran UFO dan makhluk asing disebut-sebut jadi pemicunya.

Dilansir dari laman Daily Mail, Kamis (16/11/2017), namun kemungkinan lain mulai muncul. Dugaan bukan hanya UFO belaka, melainkan adanya bola api luar angkasa yang bertabrakan dengan atmosfer bumi.

Penampakan aneh tersebut terlihat oleh banyak orang yang bermukim di Arizona. Negara bagian lain yang juga melihat kilatan cahaya itu adalah California, Nevada, Utah dan New Mexico.

"Kilatan cahaya baru saja terlihat melintasi langit Phoenix, Arizona pada pukul 20.30," tulis akun pemerintah negara bagian Phoenix, Arizona.

Pada mulanya, warga mengaku melihat ada bola kecil di langit malam hari. Tak lama, benda tersebut kemudian berubah menjadi besar dan mengaluarkan kilatan cahaya.

Melihat kejadian ini, netizen pun mulai berkomentar. Lewat akun media sosial, banyak penduduk Phoenix yang menjadi saksi mata menulis pengalaman mereka.

"Saya melihat langit begitu menyala saat saya berada di Flagstaff," tulis Debora Lee Soltez.

"Saya berkendara ke arah utara, jadi tidak melihat benda langit tersebut. Maka dari itu, hanya kilatan cahaya yang saya rasakan," tambahnya.

Sementara, banyak yang menduga jika benda langit tersebut adalah UFO yang dikendarai oleh makhluk luar angkasa.

Namun, perkiraan tersebut ternyata tak sejalan dengan American Meteor Society. Pihaknya menyebut benda tersebut adalah bentuk aktivitas meteorik yang menampakan cahayanya hingga ke Bumi.

Dalam rentan waktu sepuluh jam antara tanggal 14 hingga 15 November 2017, ada empat penampakan serupa yang terjadi di Prancis, Jerman dan Amerika Serikat.

Beberapa orang menilai, itu adalah hujan meteor Taurid yang mencapai puncaknya pada akhir pekan lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lubang Hitam Misterius Terlihat di Pantai China

Pada Agustus lalu, kemunculan benda aneh di langit yang diduga UFO juga pernah terlihat di China.

Sebuah lubang hitam misterius seperti cincin terlihat melayang di atas sebuah pantai di timur laut China. Penampakan itu terekam kamera amatir.

Seperti dikutip dari Daily Mail, salah satu perenang menyebut, objek mirip UFO itu terbang perlahan melintasi pantai sebelum akhirnya menghilang di balik awan.

Di media sosial, beberapa orang menyebut objek misterius itu disebabkan oleh efek sebuah pertunjukan asap yang terjadi di taman bermain terdekat.

Menurut rekaman ponsel yang diunggah oleh Pear Video, penampakan itu terlihat di Pantai Jinshitan di Dalian, Provinsi Liaoning, China, pada 12 Agustus 2017. Rekaman video tersebut menunjukkan asap hitam berbentuk oval mengambang di langit pantai.

"Ada benda terbang tak dikenal yang muncul di langit. Bentuknya oval melebar dan terus terbang mendekat," ujar seorang penonton bernama Yu.

Objek tersebut kemudian berubah bentuk menjadi seperti jajaran genjang. Tak lama kemudian, menghilang ke dalam awan.

Ketika video penampakan objek mirip UFO itu beredar di situs media sosial, sejumlah pengguna menyebut, itu hanya tipuan belaka.

Menurut ET Today, netizen dari daerah setempat mengatakan objek serupa pernah terjadi sebelumnya di lokasi yang sama. Diduga kuat, objek itu merupakan efek dari sebuah pertunjukan menggunakan api di sebuah taman bermain.

"Kapan pun pertunjukan dimulai, akan mengeluarkan bentuk seperti cincin asap berwarna hitam," komentar pengguna web.

Juru bicara dari taman bermain mengakui bahwa cincin asap memang efek dari pembakaran api dalam sebuah pertunjukan. Bentuk tersebut kemudian akan melayang di udara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini