Sukses

Jika Berpenghasilan Rp 26 Ribu/Hari, Bill Gates Akan Lakukan Ini

Apa yang terjadi jika orang terkaya sedunia Bill Gates ternyata berpenghasilan US$ 2/hari atau Rp 26 ribu.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah yang akan dilakukan oleh Bill Gates jika ia hanya berpenghasilan US$ 2 per hari seperti yang diraih hampir 1 miliar orang dalam kemiskinan ekstrem sedunia?

Melalui blog, manusia terkaya sedunia itu menjelaskan bahwa ia akan memelihara ayam.

Gates menulis, "Kedengarannya lucu, tapi saya bersungguh-sungguh ketika mengatakan bahwa saya senang sekali dengan ayam-ayam."

Seperti dikutip dari The Independent pada Kamis (16/11/2017), ia menuliskan dalam blog, "Tentu saja tidak ada jawaban benar yang tunggal, dan wajah kemiskinan berbeda-beda di tempat-tempat yang berbeda pula."

"Tapi melalui kegiatan saya bersama dengan yayasan, saya telah bertemu dengan banyak orang di negara-negara miskin yang beternak ayam dan saya telah belajar banyak tentang seluk-beluk kepemilikan unggas tersebut."

"Cukup jelas bagi saya bahwa siapa pun yang hidup dalam kemiskinan esktrem akan lebih baik kalau mereka memelihara ayam-ayam."

Gates akan melakukannya karena empat alasan utama, yaitu bahwa ayam berharga murah dan gampang dipelihara, menjadi investasi yang bagus, menyantap ayam (dan telur) baik bagi kita, dan unggas-unggas itu bisa menciptakan pemasukan yang memberdayakan kaum wanita agar aktif wiraswasta dalam lingkungan mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Ekonomis

Ilustrasi telur ayam. (Sumber iStockphoto)

Menurut laporan Chris Weller dalam Tech Insider, "Melalui penelitian dan perjalanan-perjalanan ke Afrika Barat, Gates mendapati bahwa setelah masa tiga bulan, seorang pemilik 8 hingga 10 ekor ayam bisa meraih 40 ekor piyik."

"Pada harga jual US$ 5 per ekor ayam, seperti yang diamati Gates di Afrika Barat, seorang pemilik unggas bisa meraih setidaknya US$ 1.000 per tahun. Padahal batas kemiskinan ekstrem adalah sekitar US$ 700 per tahun."

Melinda Gates sepakat dengan suaminya. Itulah alasan mengapa yayasan mereka (Bill & Melinda Gates Foundation) menjalin rekanan dengan Heifer International.

Badan itu adalah sebuah badan amal yang menyumbangkan ternak kepada keluarga-keluarga miskin di seluruh dunia dengan tujuan membantu 30 persen keluarga di Afrika sub-Sahara agar memelihara ayam.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.