Sukses

Sebuah Kamera Jatuh ke Lava, Ini yang Kemudian Direkamnya

Kekentalan lava malah menyebabkan kameranya tidak lumat seluruhnya, dan sedikit bagiannya menyembul ke permukaan.

Liputan6.com, Hawaii - Sebuah kamera GoPro yang oleh pembuatnya seringkali digembar-gemborkan tidak bisa rusak, jatuh ke lava panas di Hawaii.

Seperti dikutip dari IFL Science pada Senin (13/11/2017), kamera tersebut berhasil bertahan dalam lava bersuhu 1.000 derajat Celsius. 

Seperti dilaporkan oleh PetaPixel, Erik Storm, seorang pemandu untuk Kilauea EcoGuides, baru-baru ini meletakkan GoPro miliknya di suatu cekungan kecil ketika mencoba merekam pergerakan lava panas.

Mendadak ada lava yang menyembur keluar dari celah dan menutupi kameranya yang saat itu berada dalam bungkus pelindungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ternyata Masih Menyala

Melihat lava ganas itu "melahap" kameranya, Storm menganggap benda itu sudah tamat. Ternyata tidak begitu.

Kekentalan lava malah menyebabkan kameranya tidak lumat seluruhnya, dan sedikit bagiannya menyembul ke permukaan dan bisa merekam kondisi di sekitarnya.

Setelah memecahkan batu lava untuk mengambil kembali kameranya, Storm mendapati kartu SD dalam kamera masih selamat dan kamera tersebut terus merekam ketika tertelan lava.

 

3 dari 4 halaman

Tidak Hancur

Kamera itu memang kemudian tidak bekerja sebagaimana sebelumnya, tapi tidak benar-benar hancur juga.

Kemungkinan, plastik pembungkus kamera cukup kokoh menahan serbuan lava panas dalam waktu singkat.

Dalam kejadian itu, Storm sedang beruntung. Namun, dia tidak menganjurkan kita mengulanginya kecuali kalau punya asuransi yang memadai.

 

4 dari 4 halaman

Saksikan detik-detik lava panas menelan kamera GoPro:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.