Sebuah Kamera Jatuh ke Lava, Ini yang Kemudian Direkamnya

Oleh Alexander Lumbantobing pada 14 Nov 2017, 07:21 WIB
GoPro dalam lava (2)

Liputan6.com, Hawaii - Sebuah kamera GoPro yang oleh pembuatnya seringkali digembar-gemborkan tidak bisa rusak, jatuh ke lava panas di Hawaii.

Seperti dikutip dari IFL Science pada Senin (13/11/2017), kamera tersebut berhasil bertahan dalam lava bersuhu 1.000 derajat Celsius. 

Seperti dilaporkan oleh PetaPixel, Erik Storm, seorang pemandu untuk Kilauea EcoGuides, baru-baru ini meletakkan GoPro miliknya di suatu cekungan kecil ketika mencoba merekam pergerakan lava panas.

Mendadak ada lava yang menyembur keluar dari celah dan menutupi kameranya yang saat itu berada dalam bungkus pelindungnya.

Melihat lava ganas itu "melahap" kameranya, Storm menganggap benda itu sudah tamat. Ternyata tidak begitu.

Kekentalan lava malah menyebabkan kameranya tidak lumat seluruhnya, dan sedikit bagiannya menyembul ke permukaan dan bisa merekam kondisi di sekitarnya.

 

Saksikan detik-detik lava panas menelan kamera GoPro:

 

1 of 2

Ternyata Masih Menyala

Kekentalan lava malah menyebabkan kameranya tidak lumat seluruhnya, dan sedikit bagiannya menyembul ke permukaan. (Sumber Peta Pixel)

Setelah memecahkan batu lava untuk mengambil kembali kameranya, Storm mendapati kartu SD dalam kamera masih selamat dan kamera tersebut terus merekam ketika tertelan lava.

Kamera itu memang kemudian tidak bekerja sebagaimana sebelumnya, tapi tidak benar-benar hancur juga.

Kemungkinan, plastik pembungkus kamera cukup kokoh menahan serbuan lava panas dalam waktu singkat.

Dalam kejadian itu, Storm sedang beruntung. Namun, dia tidak menganjurkan kita mengulanginya kecuali kalau punya asuransi yang memadai.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait