Sukses

Air Seni Tikus Ternyata Ampuh Usir Ular dari Rumah, Ini Caranya

Pakar pengendali hewan liar dan hama dari Tasmania membeberkan cara jitu untuk mengusir ular dari dalam rumah

Liputan6.com, Tasmania - Hampir sebagian besar orang pasti merasa jengkel sekaligus ngeri jika mengetahui bahwa rumahnya menjadi tempat bersarang bagi hewan yang tak bersahabat.

Apalagi, hewan yang tak bersahabat itu adalah ular. Hanya dengan membayangkan menemukan seekor hewan melata itu meliuk-liuk di kamar tidur atau toilet rumah saja mampu membuat merinding sejumlah orang.

Akan semakin menakutkan jika hewan melata itu bersarang di tempat tersembunyi dan tak diketahui oleh penghuni rumah. Atau, di titik yang sulit dijangkau sehingga susah untuk mengusirnya keluar dari kediaman.

Akan tetapi, seorang pakar pengendali hewan liar dan hama dari Tasmania, Australia membeberkan cara jitu untuk mengatasi kehadiran ular seperti pada kasus di atas.

Bruce Press, pengendali hewan liar dan hama mengatakan bahwa kombinasi tong plastik dan aroma air seni tikus mampu digunakan untuk memancing serta memerangkap ular di dalam rumah. Demikian seperti dikutip dari abc.net.au, Senin (13/11/2017).

Mengusir ular dari rumah sejumlah orang merupakan pekerjaan utama Press selama beberapa dekade terakhir. Bak sukarelawan, ia melakukan pekerjaan itu secara gratis atau dengan upah seikhlasnya dari para penghuni rumah yang dibantu.

Beberapa tahun terjun di dunia pengendalian ular membuat Press telah banyak makan asam garam. Ia pernah mencoba berbagai trik, mulai dari memerangkap dengan panci goreng, wajan logam, hingga perangkap kreasinya sendiri guna menangkap ular yang bersarang di tempat tersembunyi atau sulit untuk dijangkau.

Namun akhirnya, Press menemukan cara jitu memerangkap hama ular seperti kasus di atas dengan mengombinasikan tong plastik dan air seni tikus.

Bagaimana Caranya?

Pertama-tama, Press menyiapkan sebuah tong plastik yang cukup besar sesuai dengan ukuran ular yang hendak diperangkap.

Kemudian, tong tersebut diisi beberapa kain lembab yang telah basah oleh urine hewan pengerat, seperti tikus peliharaan dan lainnya. Press  sendiri biasa memperolehnya dari peternak tikus lokal di Tasmania.

Tong tersebut kemudian diletakkan dekat dengan tempat ular bersarang di dalam rumah. Perlahan, ular akan mendekati tong plastik tersebut dan lama-kelamaan akan masuk ke dalamnya.

"Cara yang cukup efektif. Ular itu lama-kelamaan akan hinggap di dalam tong dan tertidur di dalamnya. Sehingga, memudahkan saya untuk menangkapnya," kata Press.

"Saya letakkan tong plastik itu dan menunggu hingga keesokan hari, sambil berharap ular tersebut mendekat ke alat yang sudah kita siapkan," tambahnya.

Menurut Press, tong plastik mampu memberikan kehangatan bagi si ular dan aroma urine tikus digunakan untuk memancing indra penciuman hewan melata itu.

"Ular memakan tikus dan mereka bisa mencium molekul urine tikus dari 1.100 meter jauhnya," katanya.

Dan, voila! Press tinggal menutup tong tersebut, membawanya ke luar rumah, dan menempatkan ular itu di alam liar jauh dari pemukiman.

Hama Ular di Kediaman Menjadi Momok di Tasmania

Hama ular di dalam rumah merupakan momok bagi setiap rumah di Tasmania.

Beberapa ular yang menjadi hama di rumah di Tasmania adalah jenis pelilit yang tak begitu berbahaya. Namun beberapa di antaranya diketahui sebagai ular berbisa dengan racun yang cukup mematikan.

Kehadiran hewan melata itu akan mengalami peningkatan saat panas di Australia dan kawasan atau pada Oktober hingga Maret.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jika Menemukan Ular di Dalam Rumah, Ini yang Harus Dilakukan

Seperti dikutip dari abc.net.au, jika Anda berpapasan dengan ular -- baik di dalam rumah atau di tempat lain -- yang harus dilakukan pertama kali adalah mundur perlahan dan beri ruang agar ular itu menjauh.

Ular pada dasarnya adalah hewan pemalu, sehingga ia tidak akan menyerang jika tak merasakan ancaman dari manusia yang ada di dekatnya.

Jika menemukan seekor di dalam rumah, ada baiknya pula meminta bantuan kepada orang lain. Kalau bisa, mereka yang ahli menangani ular.

Apabila digigit, segera tekan area luka dengan menggunakan kain atau perban jika memungkinkan sebagai langkah pertolongan pertama. Kemudian, segera pergi ke rumah sakit atau tempat lain yang mampu memberikan pertolongan medis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini