Sukses

Shinzo Abe Terpilih Kembali Jadi PM Jepang

Abe dipilih kembali menjadi PM Jepang setelah koalisi LDP dan Partai Komeito meraih kemenangan besar dalam pemilu pada Oktober lalu.

Liputan6.com, Tokyo - Majelis rendah parlemen Jepang kembali memilih Shinzo Abe (63) sebagai perdana menteri setelah koalisi partai berkuasa, Partai Liberal Demokratik Jepang (LDP) dan Partai Komeito, meraih kemenangan besar dalam pemilu yang berlangsung pada Oktober lalu.

Disahkannya kemenangan Abe terjadi beberapa saat jelang lawatan Presiden Amerika Serikat Donald Trump ke Negeri Sakura. Perbincangan keduanya diperkirakan akan berkisar pada isu nuklir Korea Utara.

Abe mulai menduduki kursi PM pada Desember 2012. Ia berjanji akan melakukan penataan ulang (reboot) ekonomi dan memperkuat pertahanan.

Seperti dikutip dari Japan Today pada Rabu (1/11/2017), Koalisi LDP dan Partai Komeito berhasil mempertahankan dua pertiga di majelis rendah parlemen. Hal ini menghidupkan kembali dorongan untuk merevisi konstitusi pasifisme Jepang pasca-Perang Dunia II.

Abe diprediksi akan mempertahankan jajaran menteri kabinetnya serta meminta mereka untuk menyusun anggaran tambahan yang fokus pada perawatan anak dan peningkatan produktivitas.

Dalam percakapannya via telepon, Trump dan Abe setuju bekerja sama dalam menangani isu nuklir Korut.

Kepada Abe, Trump mengatakan bahwa "ia tak sabar memulai kunjungannya ke Jepang. Ia berharap kedua negara 100 persen bekerja sama serta tidak ada ruang bagi keraguan dalam aliansi Jepang-AS". Hal tersebut diungkap Wakil Sekretaris Kabinet Jepang Yasutoshi Nishimura.

Abe dan Trump telah mengembangkan hubungan pribadi yang erat sejak Trump terpilih. Dalam kunjungan Trump pada 5-7 November, keduanya dijadwalkan akan bermain golf bersama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • Shinzo Abe adalah Perdana Menteri Negara Sakura, Jepang, pada periode 2006-2007 dan terpilih kembali di tahun 2012.
    Shinzo Abe adalah Perdana Menteri Negara Sakura, Jepang, pada periode 2006-2007 dan terpilih kembali di tahun 2012.

    Shinzo Abe

  • Seorang politisi yang merupakan calon presiden Amerika
    Seorang politisi yang merupakan calon presiden Amerika

    Donald Trump

Video Terkini