Sukses

Gigi Copot, Dikejar-kejar...Ini 15 Arti di Balik Mimpi Manusia

Sebagian mimpi hanyalah cara alam bahwa sadar kita memilah-milah sampah pikiran pada hari itu.

Liputan6.com, Jakarta - Manusia dan hewan sama-sama bermimpi. Kebanyakan manusia sama sekali tidak bisa mengingat mimpi mereka, tapi ada juga yang mengingat secuil bunga tidurnya.

Manusia diperkirakan meluangkan waktu sekitar 2 jam untuk bermimpi di malam hari.

Mimpi-mimpi tidak sepenuhnya dimengerti, walaupun beberapa di antaranya hanyalah cara alam bahwa sadar kita memilah-milah sampah pikiran pada hari itu.

Tapi ada beberapa mimpi yang menyeramkan, terutama jika mimpi-mimpi itu berulang.

Di antara relung mistis dan psikologi terletak dunia tafsir mimpi. Seperti diringkas dari list25.com pada Selasa (24/10/2017), berikut ini adalah beberapa mimpi yang paling lazim dan artinya:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ingin Pipis hingga Membunuh Seseorang

Ilustrasi Pembunuhan (iStock)

1. Desakan Kencing

Terdesak kencing tapi tidak bisa menemukan toilet biasanya berarti kita memiliki masalah dalam kehidupan ketika kita tidak mampu atau tidak menemukan cara menyatakan kebutuhan mendasar kita.

Atau, bisa juga karena kita terdesak harus kencing dan desakan itu menyeruak ke dalam mimpi kita.

2. Dikejar-kejar

Mimpi dikejar-kejar seringkali berarti kita merasa terancam oleh sesuatu dalam kehidupan sadar kita.

Mimpi ini juga merupakan salah satu mimpi yang paling lazim di semua budaya dunia.

3. Terjatuh

Mimpi sedang terjatuh dianggap oleh beberapa pihak sebagai "tanda bahaya dari alam bawah sadar." Itu berarti, kita sedang stres.

Mimpi ini lazim dialami orang yang sedang mendapatkan masalah besar dalam hidup, misalnya dalam pekerjaan dan hubungan personal yang dekat. 

4. Terjebak

Mimpi terjebak, misalnya tidak bisa membuka sabuk pengaman, ada dalam kamar terkunci, dan sejenisnya, seringkali berarti kita harus membuat suatu jenis perubahan.

Misalnya menyambut pekerjaan baru atau mengakhiri hubungan yang berduri.

5. Membunuh Seseorang

Membunuh seseorang dalam mimpi kita berarti kita ingin 'membunuh' sebagian dari diri kita, misalnya kebiasaan atau sikap buruk.

Membunuh seseorang adalah kejahatan. Tapi, mimpi membunuh seseorang berarti alam bawah sadar kita menginginkan kita menjadi lebih baik.

6. Gigi Copot

Ada dua pandangan tentang gigi yang copot dalam mimpi. Sebagian orang memandang gigi sebagai lambang kekuatan dan rasa percaya diri sehingga kehilangan gigi berarti kurangnya rasa percaya diri.

Pandangan lain berpendapat bahwa gigi patah atau copot melambangkan hubungan yang rusak.

7. Sosok Gelap

Memimpikan sosok-sosok gelap berarti kita memiliki keraguan tentang masa depan dan diri kita sendiri.

Sosok-sosok gelap yang buram itu menjadi perlambang kekhawatiran-kekhawatiran tersebut dan kadang-kadang dapat membantu kita mencoba mengatasi hal yang mencemaskan kita ketika bangun.

8. Sedang Ujian

Jenis mimpi yang berulang ini biasanya dialami oleh orang-orang Tipe A atau perfeksionis, terutama mimpi sedang ujian yang menghadirkan stres.

Mimpi seperti ini mengingatkan orang untuk selalu waspada dalam situasi stres atau tekanan tinggi, misalnya di tempat pekerjaan.

3 dari 3 halaman

Makanan dan Gairah Sensual

Manfaat stroberi bagi kecantikan. (Sumber foto: Deki Prayoga/Bintang.com)

9. Hubungan

Mimpi sedang berada dalam suatu hubungan atau sedang bersama dengan kekasih sebenarnya melambangkan hubungan kita dengan diri kita sendiri.

Perlu diingat bahwa mimpi ini berbeda dari mimpi tentang seks.

10. Seks

Bermimpi tentang seks cenderung berarti apa adanya. Biasanya itu berarti kita menginginkan seks.

Jika mimpinya tentang seks aneh yang sangat khusus, hal itu bisa berbeda sekali artinya. Tapi, secara umum, mungkin kita hanya sekedar kesepian.

Rambut dianggap memiliki kaitan dengan seksualitas, sehingga mimpi kehabisan rambut bisa melambangkan penurunan gairah seks, sedangkan rambut yang tebal berkilat berarti sebaliknya.

11. Kecurangan Pasangan

Mimpi bahwa pasangan berkhianat bukan berarti ia sedang berkhianat dan alam bawah sadar kita bukan sedang mengumpulkan petunjuk-petunjuk pengkhiatan.

Mimpi seperti itu biasanya berarti pasangan memfokuskan waktu dan energi pada sesuatu yang bukan kita atau tidak melibatkan kita sehingga kita merasa sedikit cemburu.

Kadang-kadang itu juga bisa berarti kita tidak sedemikian percaya kepada pasangan.

12. Bayi atau Pintu

Bermimpi tentang bayi biasanya terjadi ketika ada sesuatu yang baru hadir dalam hidup kita atau kita mengharapkan adanya suatu perubahan besar.

Bayi-bayi dalam mimpi melambangkan tanggung jawab baru.

Mirip dengan mimpi tentang pintu-pintu yang biasanya melambangkan kesempatan untuk melakukan sesuatu yang berbeda, kesempatan baru, atau kemampuan untuk melakukan perubahan sekehendak kita.

13. Kucing atau Ular

Bermimpi tentang kucing cenderung bergantung kepada hubungan kita dengan kucing. Kucing adalah hewan yang mandiri dan ingin bebas, sehingga bisa melambangkan hal-hal seperti keinginan bebas, femininitas, daya cipta dan kekuatan.

Di sisi lain, mereka juga bisa melambangkan kutukan jahat. Tapi, tafsiran tentang kucing cukup terbuka luas.

Mimpi bertemu ular juga diartikan sesuai dengan hubungan kita dengan ular. Banyak orang takut dengan ular.

Karena ular tidak bisa ditebak dan menyerang tanpa peringatan, mereka bisa melambangkan hal-hal yang berada di luar kendali si pemimpi, seakan seperti membuka ruang rahasia dalam diri.

14. Tersesat

Mimpi sedang terlambat atau tersesat bisa berarti kita tidak terlalu percaya dengan diri sendiri terkait kemampuan menjaga waktu atau kemampuan menyelesaikan sesuatu.

Membuat daftar tugas yang masuk akal dan menepatinya atau praktik manajemen waktu yang lebih baik dapat menurunkan kecemasan tentang hal-hal tersebut.

15. Makanan

Arti mimpi tentang makanan bergantung kepada jenis makanan yang dimakan.

Misalnya, pel melambangkan pengetahuan. Almond melambangkan kesuksesan, daging ham berarti kita harus menimbun energi.

Beda dengan roti lapis (sandwich) berisi ham, karena roti lapis bisa berarti kita sedang berada di bawah tekanan. Atau bisa juga memang sekadar roti lapis.

Mimpi tentang stoberi menjadi petunjuk adanya gairah-gairah sensual.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.