Sukses

Australia Akan Bentuk Badan Antariksa Nasional

Australia adalah salah satu negara maju di dunia yang hingga kini belum memiliki badan antariksa.

Liputan6.com, Canberra - Pemerintah Australia mengumumkan bahwa negaranya akan membentuk badan antariksa nasional. Hal tersebut dilakukan untuk mengembangkan industri antariksanya.

Australia adalah salah satu negara maju di dunia yang tak memiliki badan antariksa.

Menurut Space Industry Association of Australia, Australia dan Islandia adalah dua negara anggota Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) yang tak memiliki badan antariksa nasional.

Pelaksana Tugas (PLT) Menteri Industri, Michaelia Cash, mengatakan merupakan hal yang sangat penting bagi Australia untuk memanfaatkan pesatnya pertumbuhan industri antariksa.

"Badan ini akan menjadi jangkar untuk koordinasi domestik kami dan pintu depan dalam keterlibatan internasional kami," ujar Cash.

Pemimpin politik dan industri Australia berharap bahwa badan tersebut akan menghasilkan ribuan lapangan kerja baru.

Pemerintah Australia memperkirakan industri antariksa di seluruh dunia bernilai lebih dari US$ 318 miliar.

Cash diperkirakan akan mengumumkan detail lebih lengkap atas rencana tersebut dalam International Astronautical Congress di Adelaide, Australia, pada pekan ini.

Konferensi itu akan dihadiri oleh ribuan ahli antariksa dunia, termasuk kepala badan antariksa nasional negara lain dan sejumlah perusahaan swasta.

 

Saksikan Vido Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.