Sukses

Kotoran Burung Hingga Plasenta, 4 Bahan Aneh Perawatan Kecantikan

Beberapa di antara bahan-bahan untuk produk kecantikan ini berasal dari kotoran dan bagian tubuh manusia. Berani mencoba?

Liputan6.com, New York - Ada begitu banyak jenis produk kecantikan yang ada di pasaran, khususnya para wanita. Sebut saja bedak, foundation, losion, hairspray, dan sebagainya. Itu hanya sebagian dari produk kecantikan yang ada. 

Namun untuk menjaga keindahan pada wajah, seorang perempuan biasanya melakukan perawatan dari dalam. Salah satunya dengan mengonsumsi obat khusus untuk menunjang kecantikan mereka.

Tak jarang pula para kaum hawa melakukan perawatan kecantikan menggunakan bahan-bahan yang aneh bahkan menjijikan. Sebab beberapa di antara bahan-bahan untuk produk kecantikan itu berasal dari kotoran dan bagian tubuh manusia.

Meski terdengar aneh, masih ada saja kaum hawa yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk melakukan perawatan yang dianggap menyeramkan dan menjijikan tersebut.

Seperti dilansir dari laman Wonderslist.com, berikut 4 perawatan kecantikan dengan bahan-bahan aneh tersebut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Lendir Siput

Lendir yang dihasilkan siput ternyata sangat aktif untuk meredakan peradangan akibat jerawat dan masalah kulit lainnya.

Karena mengandung protein, asam glikolat dan elastin. Banyak produk kecantikan yang membuat lendir siput sebagai bahan dasar untuk membuat krim pelembap. Selain itu lendir siput ini juga memiliki sifat meminimalisir bekas luka.

Perawatan ini disebut berasal dari Jepang. Selain diklaim dapat melembabkan kulit, treatment menggunakan lendir siput ini dianggap sebagai salah satu langkah jitu untuk menghindari penuaan pada kulit.

Lendir ini pun dikatakan mengandung antioksidan dan peptida yang mampu memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

3 dari 5 halaman

2. Racun Lebah

Siapa yang tak kenal dengan lebah. Hewan kecil satu ini dianggap sebagai sesuatu hal yang mengerikan karena dapat menyengat manusia dengan racunnya.

Terlebih sengatan itu dilakukan oleh ratusan atau ribuan lebah. Bisa jadi, Anda akan terbaring di rumah sakit karenanya.

Ilustrasi lebah, (Dokumentasi VOA News dari EcOhio Farm, Mason di negara bagian Ohio, AS)

Namun, pemanfaatan racun lebah oleh ahli kecantikan memiliki khasiat yang tak kalah. Racun pada hewan itu dipercaya dapat membuat kulit pada wajah lebih cerah dan membuat penggunanya lebih terlihat tampan dan cantik.

Racun pada lebah dapat bekerja dengan meningkatkan produksi kolagen dan mampu mengencangkan kulit. Selain itu, juga diklaim dapat mengurangi bekas luka dan menghilangkan jerawat serta keriput.

Beberapa selebritas dunia yang menggunakan perawatan tersebut di antaranya, Kate Middleton, Kylie Minogue, Michelle Pfeiffer dan Victoria Beckham.

Sebelum Anda menggunakannya, pastikan Anda tidak alergi terhadap produk lebah. Sebab efek sebaliknya yang akan diperoleh jika penggunanya alergi.

4 dari 5 halaman

3. Kotoran Burung

Ilustrasi memakai masker dari bahan alami. (via: istimewa)

Tak banyak yang menyangka jika kotoran burung yang sangat bau bisa disulap menjadi sebuah masker untuk perawatan kecantikan.

Jenis kotoran yang digunakan berasal dari burung bulbul.

Manfaat dari perawatan ini adalah, mampu mengelupas kulit-kulit mati pada wajah dan membuat lapisan kulit baru cepat muncul.

Victoria Beckham pun juga turut menggunakan perawatan ini. Namun Anda tak perlu khawatir, karena kotoran burung bulbul telah disterilkan dengan cara pengeringan dan diolah menjadi bubuk yang tak bau lagi.

5 dari 5 halaman

4. Masker Plasenta Manusia dan Hewan

Ilustrasi Masker (via: manfaatnyasehat.com)

Plasenta adalah organ yang dibentuk dari jaringan pembuluh darah dan menghubungkan janin yang sedang berkembang dengan dinding rahim, sehingga janin dapat menerima nutrisi.

Setelah bayi lahir, plasenta tersebut tak digunakan lagi. Dan ternyata, industri kecantikan berinovasi menggunakannya untuk sebuah perawatan.

Sebelum digunakan, plasenta hewan dan manusia itu dikeringkan, lalu dijadikan bubuk yang nantinya dioleskan pada wajah.

Masker plasenta dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati dan melembutkan kulit karena memiliki kandungan protein dan enzim yang baik bagi kulit.

Salah satu penggemar masker plasenta tersebut adalah Jennifer Lopez. Selain itu adapula beberapa selebritas terkenal lain seperti Madonna, Reese Witherspoon, Eva Longoria dan Katie Holmes.

Tertarik mencoba?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.