Sukses

Video Viral Pria Lantunkan Azan di Istana Spanyol

Berikut ini rekaman video pria melantunkan azan di Istana Spanyol yang mendadak viral.

Liputan6.com, Granada - Seorang pria Suriah menghangatkan hati banyak orang termasuk para wisatawan, setelah video saat dia azan (panggilan salat untuk umat Muslim) di Istana Alhambra di Granada, Spanyol.

Para turis yang ada di sana pun tak ayal mengabadikan momen tersebut.

Seperti dikutip dari Morocco News, Senin (11/9/2017), rekaman suara Mouaz Al Nass yang indah saat azan kemudian diposting di akun Facebook resminya pada 7 September. Sejak saat itu, rekaman bertajuk "Call to prayer inside Alhambra palace" sudah dibagikan lebih dari 23 ribu kali oleh media internasional dan pengguna jejaring sosial. Selain itu, videonya sudah ditonton lebih dari 1,1 juta kali.

Banyak pengguna jejaring sosial senang dan terpesona oleh suara Mouaz dan momen spiritual yang tak dapat dijelaskan itu.

Alhambra adalah istana Abad ke-14 legendaris di Granada. Orang-orang Muslim menyebut bangsa Moor saat itu, telah membangun istana pada pertengahan Abad ke-13. Muslim tiba di Spanyol pada tahun 711 dan memerintah negara tersebut selama 781 tahun.

Berikut ini rekaman videonya:

Setelah kekalahan bangsa Muslim di Granada pada Januari 1492 dalam literatur Spanyol yang disebut sebagai "Reconquista", kekuasaan beralih ke pihak Kristen. 

Pada 1501 pemerintah Spanyol mengeluarkan sebuah dekrit yang mengumumkan, tidak ada lagi Muslim atau Moriscos yang tinggal di sana.

Antara tahun 1609 dan 1614, Raja Philip III memerintahkan pengusiran seluruh Moriscos.

Melansir dari India.com, Nass mengatakan bahwa dia merasakan tembok Istana Alhambra -- kompleks istana dan benteng yang terletak di Granada, Andalusia, Spanyol yang dibangun oleh umat Islam -- itu merindukan suara azan.

Setelah video tersebut beredar, Nass pun banjir pujian dari para pengguna media sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suara Azan Bikin Anak Kecil Terkesima

Suara azan juga pernah membuat seorang bocah kecil terkesima. Saat itu ia mendengarnya di tempat umum.

Bocah kecil berwajah cantik itu mendengarnya di sebuah mal di Turki. Baginya, suara panggilan salat untuk umat muslim mungkin terdengar tak lazim.

Reaksinya pun membuat kedua orangtuanya tertawa melihat tingkah sang buah hati. Takjub, celingukan, mendengar suara azan.

Dalam video yang sudah tersebar di dunia maya, bocah itu terlihat terperanjat saat suara 'Allahu Akbar... Allahu Akbar' menggema di mal tempatnya berbelanja. Lalu ia pun mondar-mandir mencari asal suara yang baru pertama kali didengarnya itu.

Dalam video, bocah yang mengenakan dress bermotif garis-garis, sibuk mencari asal suara dan bertanya pada orangtuanya tentang suara unik yang ia dengar.

"Suara apakah itu," tanya dia.

"Itu suara panggilan umat muslim untuk salat," jelas kedua orangtuanya.

"Salat?" tanya bocah berambut bob itu kebingungan.

Seperti dikutip dari Al Arabiya pada 25 Juli 2014, video bocah perempuan cantik berdurasi 2,47 menit itu kemudian populer di dunia maya.

Sejak diposting pada 17 Juli, video berjudul 'Hayatında İlk Defa Ezan Sesi Duyan Amerikalı Minik Kız Cocugu' itu sudah lebih dari 1.189.783 kali dilihat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.