Sukses

Mata Badai Irma Terjang Daratan Florida

Setelah sebelumnya menerjang Karibia dan sejumlah pulau di selatan Florida, mata Badai Irma telah tiba di daratan negara bagian AS itu.

Liputan6.com, Naples - Mata Badai Irma telah mencapai daratan Florida. Badai tersebut tiba di Marco Island, tepat di sebelah selatan Naples, dengan kecepatan hingga 192 kilometer per jam. Namun, level badai diturunkan menjadi kategori dua.

National Hurrican Center (NHC) memperingatkan para warga yang ada di Naples dan Marco Island untuk menjauhi pantai. Pasalnya, badai tersebut diperkirakan dapat menyebabkan gelombang laut setinggi 4,5 meter.

NHC mengatakan, meski telah melemah, badai akan terus berada di daratan Florida setidaknya hingga Senin (11/9/2017) waktu setempat.

Akibat bencana itu, lebih dari 2,5 juta rumah di Florida tak mendapat aliran listrik. Sekitar 6,3 juta orang di Florida juga telah diperintahkan untuk mengungsi.

Dikutip dari BBC, salah satu kota terkenal di sana, Miami, terendam banjir di beberapa tempat.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyetujui adanya deklarasi bencana besar dan bantuan federal darurat untuk Florida. Ia menggambarkan topan tersebut sebagai 'monster besar' dan mengatakan segera mengunjungi Florida.

"Kita mungkin sedikit beruntung karena badai itu bergerak ke barat, dan mungkin hal itu mengurangi kerusakan, tapi kita akan terus mengawasinya, karena ini akan berlangsung selama lima atau enam jam ke depan," ujar Trump.

Saat ini, badai telah bergerak ke Tampa Bay, daerah dengan populasi tiga juta jiwa. Wilayah tersebut belum pernah terkena badai besar sejak 1921.

Sebelum tiba di Florida, Badai Irma telah menghancurkan sebagian wilayah Karibia dan menewaskan setidaknya 28 orang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terjang Pulau-Pulau di Selatan Florida

Beberapa jam sebelum tiba di daratan, mata Badai Irma telah menerjang pulau-pulau di selatan Florida. Badan perkiraan cuaca menyatakan badai berada dalam kategori 4 -- dari sebelumnya pada tingkat tertinggi level 5.

Terjangan Badai Irma di daerah rendah Florida Keys diperkirakan membawa hembusan angin mencapai 209 km/jam, sebelum bergerak ke barat laut menuju Gulf Coast Florida.

Semua warga telah diperintahkan untuk pergi, di tengah kekhawatiran gelombang badai mencapai sekitar 4,6 meter dapat menghantam Kepulauan Karang Cay. Lokasinya sebagian besar hanya beberapa meter di atas permukaan laut.

Seorang pihak berwenang memperingatkan tinggal di pulau-pulau tersebut sama saja seperti bunuh diri.

Saat mata badai bergerak ke utara menuju daratan Florida, lebih dari 430.000 rumah di negara bagian dilaporkan akan terputus dari aliran listrik.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.