Sukses

Tingkatkan Pelayanan, Jepang Buka Pusat Aplikasi Visa di Mal

Mulai 15 September 2017, Kedutaan Besar Jepang membuka Japan Visa Application Centre (JVAC) di Lotte Shopping Centre, Kuningan.

Liputan6.com, Jakarta - Demi meningkatkan pelayanan visa, Kedutaan Besar Jepang membuka Japan Visa Application Centre (JVAC). Fasilitas tersebut berada di lantai empat pusat perbelanjaan Lotte Shopping Avenue, Karet Kuningan, Jakarta.

Pembukaan JVAC dilatarbelakangi meningkatnya minat wisatawan Indonesia ke Jepang dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut membuat jumlah aplikasi visa ke Jepang naik secara drastis.

"Kecenderungan peningkatan wisatawan ke Jepang yang sangat signifikan menjadi salah satu dasar kami membuka JVAC," ujar Kepala Bagian Konsuler Kedutaan Besar Jepang, Hiroshi Matahira, dalam pembukaan JVAC, Jumat (8/9/2017).

"Dari data Kedutaan Jepang soal jumlah pengajuan visa, dari awal 2017 sudah terlihat peningkatan sebanyak 30 persen, sedangkan penggunaan e-paspor meningkat 40 persen," imbuh Matahira.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii, berharap kedua negara dapat meningkatkan kerja sama di sektor pariwisata.

"Tahun depan merupakan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Jepang terjalin. Kami berharap dapat meningkatkan kerja sama di sektor pariwisata," ujar Dubes Ishii dalam kata sambutan pembukaan JVAC.

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata Indonesia, Vinsensius Jemadu, mendukung pembukaan JVAC. Ia menyebut peningkatan pelayanan visa berkontribusi besar dalam pariwisata.

Meski tahun lalu jumlah wisatawan Jepang ke Indonesia mengalami penurunan sebesar 0,2 persen, berbanding terbalik dengan wisatawan Indonesia ke Jepang, Vinsenius optimistis hubungan kedua negara akan terus meningkat.

"Dengan dibukanya JVAC, saya optimistis hubungan kedua negara akan lebih meningkat tak hanya dari bidang pariwisata, tapi juga di perdagangan, investasi, dan sektor lain," ujar Vinsensius.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peningkatan Pelayanan di JVAC

Kepala Kantor Japan National Tourism Organization (JNTO) Jakarta, Hideki Tomioka, berharap mulai beroperasinya JVAC pada 15 September 2017 dapat mengurangi kebingungan orang yang mengajukan visa Jepang.

Selain itu, diharapkan JVAC dapat meningkatkan pelayanan dan keamanan aplikasi visa, dengan mengurangi kepadatan dan mempersingkat waktu tunggu.

Di JVAC, waktu pengajuan aplikasi visa akan dilaksanakan selama delapan jam, yakni pukul 09.00 sampai 17.00. Sementara itu, waktu pengambilan visa berlangsung selama lima, yaitu antara pukul 10.00 hingga 15.00.

Waktu tersebut tiga kali lebih panjang dibanding pengajuan dan pengambilan visa yang sebelumnya dilakukan di Kedutaan Besar Jepang. Selain itu, di JVAC juga disediakan lebih dari 15 loket. Sebelumnya hanya ada maksimal 5 loket.

Bagi Anda yang ingin mengajukan visa, dapat melakukan reservasi waktu pengajuan melalui internet untuk mempersingkat waktu tunggu. Setelah mengajukan aplikasi visa, aplikan dapat mengecek status aplikasi visanya melalui internet.

Selain untuk mempersingkat waktu, dipilihnya Lotte Shopping Avenue untuk menghindari aturan nomor kendaraan ganjil genap dan lebih tersedianya tempat parkir.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.