Sukses

Kabut Misterius di Pantai Inggris Buat Pengunjung Pusing, Racun?

Lebih dari 100 orang dirawat di rumah sakit setelah sebuah 'kabut kimia' tiba-tiba muncul di sepanjang pantai di Sussex Timur, Inggris.

Liputan6.com, Sussex - Lebih dari 100 orang dirawat di rumah sakit setelah diduga terjadi kebocoran bahan kimia di sepanjang pantai Sussex Timur, Inggris.

Laporan paling banyak berasal dari Pantai Birling Gap. Para pengunjung di pantai tersebut dievakuasi pada 27 Agustus 2017 waktu setempat setelah mereka mengalami kesulitan bernapas, mata perih, dan muntah saat sebuah "kabut" muncul.

Tim penjaga pantai dari Birling Gap, Eastbourne, Bexhill, dan Newhaven, dengan sigap membantu mengosongkan sejumlah pantai. Pasalnya, mereka khawatir bahwa para pengunjung telah terpapar bocornya zat klorin.

Seorang pengunjung Pantai Birling Gap yang datang bersama keluarganya, Kyle Crickmore, mengatakan bahwa tempat itu langsung dikosongkan dalam waktu 10 menit setelah orang-orang merasakan hal aneh.

Ia mendeskripsikan munculnya kabut secara tiba-tiba dan diikuti dengan bau klorin yang menyengat di udara.

"Itu merupakan hal yang sangat tak biasa, mengingat cuaca sangat cerah 10 menit sebelumnya," ujar Crickmore seperti dikutip dari BBC, Senin (28/8/2017).

"Kala itu suasana sangat ramai dan cuaca juga panas. Pantai lalu dikosongkan dalam 10 menit, di mana hal itu cukup mengejutkan mengingat banyaknya jumlah orang yang ada di sana," imbuh dia.

Eastbourne District General Hospital mengatakan, ia telah merawat 133 orang. Sementara itu, polisi Sussex menyebut, pihaknya sedang menyelidi peristiwa kabut kimia itu.

Pihak berwenang mengatakan, mereka meyakini bahwa insiden di pantai Inggris tersebut berasal dari laut.

Sementara itu, Pemadam Kebakaran dan Layanan Darurat Sussex Timur mengatakan bahwa kemungkinan besar bahwa zat tersebut bukan klorin. Meski menyebabkan efek tak nyaman, polisi mengatakan bahwa zat tersebut tak menimbulkan ancaman serius.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mencari Penyebab Timbulnya 'Kabut Kimia'

Sejumlah pantai di Sussex Timur merupakan tempat yang populer dikunjungi turis dan penduduk lokal pada bank holidays -- hari libur nasional di Inggris, Wales, dan Irlandia Utara yang jatuh pada Senin terakhit bulan Agustus.

Atas peristiwa itu, warga yang tinggal di sepanjang pantai disarankan untuk menutup jendela dan pintu mereka.

Polisi menambahkan, ribuan orang diperkirakan akan memadati pantai tersebut saat bank holiday tiba, di mana pada 2017 hari libur tersebut jatuh pada 28 Agustus.

Situasi di daerah itu akan terus dipantau. Meski demikian, pihak kepolisian menyakini bahwa insiden tersebut tak akan terulang kembali.

"Kita perlu mengetahui penyebabnya, dari mana asalnya, dan untuk memastikan bahwa langkah-langkah telah diambil agar tak terjadi hal serupa," ujar seorang anggota dewan Eastbourne, Kathy Ballard.

"Saya belum pernah mendengar hal tersebut terjadi di daerah ini sebelumnya," imbuh dia.

National Trust yang memiliki tanah, sebuah kafe, dan pusat pengunjung di Birling Gap, mengatakan bahwa pihaknya mengetahui kejadian tersebut dan bekerja sama dengan layanan darurat.

Rumah sakit yang awalnya mengatakan telah merawat 233 orang akibat insiden itu, kemudian merevisi jumlahnya menjadi 133 orang.

 

Simak video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.