Sukses

7 Bangunan dan Gedung Tertinggi di Rusia, Apa Saja?

Terlepas dari Burj Khalifa dan Kingdom Tower, Negeri Beruang Merah juga punya bangunan pencakar langit.

Liputan6.com, Moskow - Ada banyak bangunan dan gedung tertinggi di dunia. bahkan ketinggiannya seolah-olah dapat mencakar langit bumi. Perlu biaya yang tak murah saat harus membangun sebuah bangunan pencakar langit.

Saat ini, gedung tertinggi di dunia masih diduduki oleh Burj Khalifa yang terletak di Dubai. Belakangan, Burj Khalifa yang menjulang di Dubai tak lama lagi harus melepas gelarnya sebagai bangunan tertinggi di dunia kepada Kingdom Tower milik Arab Saudi -- sejak fase akhir suntikan dana konstruksi sebesar 3 miliar dolar Australia atau sebesar Rp 30 triliun.

Terlepas dari Burj Khalifa dan Kingdom Tower, Negeri Beruang Merah juga punya bangunan pencakar langit. Beberapa diantaranya bahkan sempat menduduki posisi pertama bangunan tertinggi di dunia pada masanya.

Seperti dilansir dari laman RBTH Indonesia, Jumat (25/8/2017) berikut 7 bangunan tertinggi di Rusia:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Menara Ostankino (540 meter)

Menara Ostankino (Instagram/@oxioxa)

Menara televisi dan radio ini dibangun pada 1967 dan terkenal sebagai karya besar para insinyur Soviet. Sejak kemunculannya menara Ostankino adalah gedung tertinggi di dunia hingga tahun 1975 -- kemudian Menara CN di Kanada dibangun lebih tinggi 13 meter.

Ostankino didesain oleh insinyur Soviet Nikolay Nikitin, yang juga membangun beberapa bangunan lain seperti, Universitas Negeri Moskow Lomonosov, Stadion Luzhniki, dan Monumen Motherland Calls di Volgograd.

Saat ini, Menara Ostankino dibuka untuk umum dan siapa pun dapat menikmati pemandangan yang indah dari dek observasi khusus.

3 dari 8 halaman

2. Menara Federasi (374 meter)

Menara Federasi. Sumber: Igor3188(CC BY-SA 4.0)

Menara Federasi adalah gedung pencakar langit yang terletak di Pusat Bisnis Internasional (MIBC) Moskow. Dirancang oleh insinyur Jerman Sergei Tchuban bersama dengan profesor dan insinyur Peter Schweger.

Gedung ini terdiri dari dua menara yang digabung dengan sebuah pilar utama. Menara sisi timurnya lebih tinggi dan proyek ini baru saja selesai tahun ini, memakan biaya 1,2 miliar dolar AS (16 triliun rupiah).

Selain apartemen dan perkantoran, gedung ini juga memiliki restoran, bar, biro wisata, dan bahkan pusat kebugaran.

4 dari 8 halaman

3. OKO (354 meter)

Menara OKO. Sumber: Legion Media

Selesai dibangun pada 2015, OKO (Menara Selatan) adalah gedung tertinggi kedua di Rusia dan Eropa.

Bangunan ini juga terdiri dari dua menara dan terletak di wilayah MIBC OKO dan didesain oleh Skidmore, Owings and Merril.

OKO adalah gedung apartemen yang berisi restoran dan lokasi parkir. Sebuah unit apartemen di sana dilaporkan berharga 23,700 dolar AS per meter persegi.

5 dari 8 halaman

4. Menara Mercury City (338,38 meter)

Menara Mercury City (Instagram/@samorukov_nikita)

Warna oranye Menara Mercury City membuatnya terlihat mencolok dibanding gedung pencakar langit lain di Moskow.

Didesain oleh arsitek Rusia dan Amerika, Mikhail Posokhin dan Frank Williams, gedung ini dibuka pada 2013. Seperti gedung-gedung tetangganya, Menara Mercury City adalah gedung multiguna yang memenuhi kebutuhan pebisnis di Moskow.

6 dari 8 halaman

5. Menara TV Saint Peterburg (326 Meter)

Menara TV Saint Peterburg (Wikipedia/Public Domain)

Dibangun dari 1956 hingga 1962, bangunan berjeruji di Saint Peterburg ini adalah menara televisi pertama di Uni Soviet. Pada saat pembangunannya, menara ini adalah bangunan tertinggi di Eropa, melewati Menara Eiffel.

Saat ini, ia tidak lagi memegang status tersebut namun tetap merupakan bangunan tertinggi di sisi utara Rusia. Sayangnya, ia tidak dibuka untuk umum seperti Ostankino.

7 dari 8 halaman

6. Jembatan Russky (324 meter)

Jembatan Russky. Sumber: Vitaliy Ankov / RIA Novosti

Simbol kota Vladivostok, Jembatan Russky dibangun pada 2012 untuk KTT Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik.

Sejak itu, jembatan ini telah sukses menghubungkan daratan Rusia dengan Pulau Russky -- di mana Forum Ekonomi Timur secara reguler diadakan setiap tahunnya.

Sebagai jembatan tertinggi di dunia setelah Viaduk Millau di Prancis, jembatan ini memakan biaya sekitar 1 miliar dolar AS. Anda tentu saja tidak diperbolehkan memanjatnya, namun tetap saja ada orang Rusia yang melakukannya.

8 dari 8 halaman

7. Menara Eurasia (308,9 meter)

Menara Eurasia. Sumber: Legion Media

Gedung 72 lantai dengan perkantoran, pertokoan, dan pusat kebugaran ini bernama Menara Eurasia yang terletak di Moskow.

Bangunan ini dibangun oleh perusahaan Amerika Swanke Hayden Connell Architects.

Pada Juni, ada orang nekat yang mencoba memanjatnya. Sayangnya, spiderman jadi-jadian ini gagal mencapai puncak bangunan.

Sebab ia ditangkap saat berada pada lantai 52 dan langsung dipenjara oleh polisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini