Sukses

Kisah Paskibra Canberra, Melawan Suhu Ekstrem Demi Merah Putih

Ditempa latihan keras di tengah suhu superdingin anggota paskibra KBRI Canberra berjuang demi berkibarnya Merah Putih.

Liputan6.com, Canberra - Menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) senantiasa identik dengan seleksi yang ketat, latihan keras dan disiplin maupun komitmen tinggi. Anggapan tersebut ternyata berlaku pula bagi anggota Paskibra Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Canberra.

Mereka ditugaskan bertugas mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-72 pada 17 Agustus 2017 lalu di KBRI Canberra.

Ada satu hal yang membuat paskibra tersbeut istimewa. Sebab, mereka senantiasa harus berlatih dan tampil pada musim dingin. Demikian tertulis dalam keterangan pers KBRI Canberra.

Di Australia, suhu di Kota Canberra termasuk yang paling ekstrem alias paling dingin. Dalam 33 tahun terakhir ini, suhu pada 2017 adalah yang terdingin menyentuh minus 7 derajat Celcius.

Namun rintangan alam ini seolah tak berarti bagi anggota Paskibra KBRI Canberra yang berjumlah 20 orang dan terdiri dari siswa mulai kelas 9 hingga mahasiswa. Selama hampir dua bulan, para anggota Paskibraka ditempa latihan seminggu rata-rata tiga kali.

Usai melewati tempaan, para anggota Paskibraka dikukuhkan secara resmi oleh Duta Besar RI untuk Australia, Y. Kristiarto S. Legowo pada 16 Agustus 2017 yang juga dihadiri oleh semua orang tua anggota Paskibra, staf KBRI Canberra dan Dharma Wanita Persatuan KBRI Canberra.

Selama masa latihan, para anggota paskibra dipimpin oleh Atase Pertahanan KBRI Canberra, Brigjen TNI Mar. Widad Prasojo Aji. Tim Pelatihnya, yakni tujuh Perwira TNI pilihan yang tengah menempuh berbagai pendidikan SESKO dan S-2 di Canberra.

Bertindak selaku Koordinator Tim Pelatih Paskibra KBRI adalah Kolonel (Arh) Hari Mulyanto yang sehari-hari menjabat sebagai Atase Darat KBRI Canberra.

Tak heran jika hasil latihan dan pengorbanan mereka pun menggembirkan ketika tampil di hari-H. Sang Saka Merah Putih, usai diterima dari Dubes RI Kristiarto Legowo, langsung mereka kibarkan dengan sempurna.

Alhasil, usai Upacara, anggota Paskibra ini banyak diburu masyarakat Indonesia maupun Australia yang ingin berfoto bersama, termasuk siswa-siswi dari Australia yang terkagum-kagum dengan penampilan Paskibra tersebut.

Salah satu anggotanya, yakni Iqlima Alexa Aman, siswi kelas 10 di Melrose High School yang sebelumnya sudah pernah menjadi anggota Paskibra di KBRI Bangkok ini, mengaku sangat bangga dapat menjadi anggota Paskibra KBRI Canberra khususnya sebagai pembawa bendera Merah Putih.

Hal senada juga diungkapkan oleh Reyhan Sofian Savero. Remaja yang kini duduk di kelas 12 Canberra College yang bercita-cita menjadi diplomat ini bahkan dipercaya mengibarkan bendera Merah Putih.

Peserta lainnya, yaitu Izhar Rohmat siswa kelas 8 Belconnen High School, salah satu anggota Paskibra termuda KBRI Canberra ini juga tak mampu menyembunyikan kebanggaannya.

"Saya bangga karena tidak banyak pelajar yang dapat terpilih menjadi anggota Paskibra di luar negeri", ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini