Top 3: NASA Rilis Video Penampakan Gerhana Matahari di AS

Oleh Teddy Tri Setio BertyRizki Akbar Hasan pada 08 Agu 2017, 09:00 WIB
20160303-Gerhana-Matahari-Total-iStockphoto

Liputan6.com, Washington D.C - Fenomena alam gerhana matahari total dan gerhana bulan sebagian ternyata menjadi sorotan utama para pembaca Liputan6.com kanal Global pada Selasa, (8/8/2017) pagi. Terutama, gerhana matahari total yang kelak jatuh pada 21 Agustus 2017, di mana Matahari, Bulan, dan Bumi berada dalam satu garis lurus, yang akan membuat sebagian besar wilayah di Amerika Serikat diselubungi kegelapan pada siang hari. 

Selain itu, 'kehadiran' 2,7 juta ekor kecoak yang memenuhi apartemen menjadi ladang penghasilan bagi mahasiswa berusia 20 tahun tersebut juga masuk dalam pemantauan para pembaca.

Tak hanya pemberitaan seputar gerhana matahari total, pemberitaan gerhana bulan yang terlihat di lima benua juga mengusik rasa penasaran pembaca.

Berikut Top 3 Global selengkapnya:

1. Video NASA Menguak Detik-Detik Gerhana Matahari 21 Agustus 2017

Pada 21 Agustus 2017, sebuah kawasan di Bumi akan menjadi saksi mata sekaligus terdampak dari fenomena alam yang rutin --namun langka-- yang melibatkan dua benda langit Bulan dan Matahari.

Ilustrasi Bumi (NASA)

Fenomena itu lazim dikenal dengan sebutan gerhana matahari total --ketika Matahari, Bulan, dan Bumi berada dalam satu garis lurus, yang akan membuat sebagian besar wilayah di Amerika Serikat diselubungi kegelapan pada siang hari.

Sebagai salah satu langkah menghadapi fenomena langka itu, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis sebuah video yang memvisualisasikan detail lokasi penampakan gerhana matahari total di Negeri Paman Sam. Demikian seperti dilansir Futurism.com.

Selanjutnya...

2. Dikepung Kecoak, Pria Taiwan Justru Kaya Mendadak

Selama ini kita hanya menganggap kecoak sebagai salah satu hewan paling menjijikkan yang tak memiliki nilai jual. Kehadiran mereka di setiap rumah bahkan dianggap menjadi ancaman besar bagi penghuninya.

Awas, Kecoak Bisa Bikin Alergi Kambuh

Seisi rumah bisa berteriak karena tak mampu mengusir serangga berwarna cokelat kemerah-merahan tersebut. Parahnya lagi, saat diusir kecoak justru mendekat.

Meski begitu, seorang mahasiswa asal Taiwan dibuat kaya mendadak karena kehadiran hewan tersebut.

Dikutip dari laman Asiancorrespondent.com, Senin 7 Agustus 2017, berkat kemampuan bisnis dan toleransi yang tinggi terhadap kecoak, seorang mahasiswa berusia 20 tahun bernama Tong berhasil mendapatkan uang sebesar Rp 980 juta per tahun.

Selanjutnya...

3. Tak Hanya Indonesia, Gerhana Bulan Malam Ini Terlihat di 5 Benua

Pada saat Amerika Serikat tengah mempersiapkan kedatangan gerhana Matahari total dalam tiga pekan yang akan datang, dalam waktu dekat di belahan Bumi yang berbeda, fenomena kosmis lain akan turut melanda Planet Biru.

Bulan purnama saat puncak gerhana bulan penumbra terlihat di langit Jakarta, Indonesia, Senin (7/8).Gerhana bulan penumbra adalah gerhana samar karena bulan purnama hanya terkena bayangan sekunder. (BAY ISMOYO / AFP)

Setidaknya sejumlah kawasan di Benua Asia (termasuk Indonesia), Afrika, Eropa, Australia, dan Antartika akan terpapar gerhana Bulan sebagian (partial lunar eclipse) pada Senin malam atau Selasa dini hari--tergantung pembagian waktu setempat. Demikian seperti yang dilansir dari The New York Times.

Gerhana Bulan pada dasarnya adalah kebalikan dari gerhana Matahari. Alih-alih Bulan yang berada di antara Matahari dan Bumi (gerhana matahari), pada gerhana lunar, Planet Biru-lah yang justru diapit oleh oleh sang Surya dan Rembulan.

Selanjutnya...