Sukses

Penyelundupan 250 Emas Batangan Bermodus Kursi Roda Digagalkan

Aktivitas Jamil yang 13 kali pergi ke luar negeri bikin aparat curiga, ternyata ia kedapatan menyelundupkan emas batangan.

Liputan6.com, Dhaka - Seorang pria yang mengaku sakit ditangkap pihak berwenang Bandara Internasional Hazrat Shahjalal, Bangladesh.

Ia diamankan lantaran menyelundupkan batangan emas seberat 25 kilogram pada Minggu 7 Agustus 2017. Lelaki berkursi roda itu menyembunyikannya di bagian bawah tubuhnya. 

Awalnya gerak-gerik Jamil Akhter tak dicurigai, namun aktivitas bepergian ke luar negeri sebanyak 13 kali dalam enam bulan terakhir membuat petugas bea cukai bertanya-tanya.

Setelah melakukan penggeledahan lebih lanjut, ditemukan 250 emas batang yang menempel di bagian bawah tubuh pria 48 tahun itu.

"Itu merupakan penyitaan emas terbesar senilai sekitar 12 crore oleh petugas bea cukai tahun ini," kata asisten komisaris bea cukai HM Ahsanul Kabir seperti dikutip dari Asia One, Senin (7/6/2017).

Nilai 12 crone senilai 120 juta rupee (1 crore=10 juta rupee), atau Rp 26,6 miliar

Jamil tiba di bandara dari Singapura sekitar jam 23.00 waktu setempat. Dia baru saja melewati "green channel" -- zona bebas pemeriksaan -- satu setengah jam setelah mendarat, saat petugas mencegatnya.

"Dia memasang emas batangan itu ke tubuhnya sebelum menaiki pesawat di Singapura dan meminta sebuah kursi roda dengan alasan sakit," kata petugas pabean yang mengutip Jamil.

Petugas bea cukai menyita emas 110 kg di bandara Dhaka sejak Januari 2017.

Agustus tahun lalu, seorang pria bernama Ataul Mujib tertangkap tangan menyelundupkan emas 23 kg saat keluar dari bandara dengan kursi roda.

Baik Jamil dan Mujib berasal dari Syedpur di Distrik Upadhila di Nilphamari, Rangpur, Bangladesh.

Jamil mengatakan kepada petugas bahwa seorang pria tak dikenal menyerahkan emas batang di Singapura, dan memintanya untuk membawa mereka keluar dari bandara di Dhaka. Seseorang seharusnya mengambil emas darinya.

"Atas tindakannya itu, kini ia terancam terkena sanksi hukum," jelas Ahsanul.

Dalam perkembangan lain, petugas bea cukai menemukan enam batang emas seberat 6 kg yang dibungkus pita hitam di toilet pesawat terbang sesaat setelah mendarat sekitar pukul 07.45 kemarin. Tidak ada yang ditangkap dalam kasus tersebut.

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.