Sukses

2 Turis di Pantai Tewas Tertabrak Pesawat

Dua pengunjung pantai yang tak sempat menghindar saat pesawat mendarat darurat tewas tertabrak.

Liputan6.com, Lisbon - Gara-gara satu pesawat yang terbang ringan melakukan pendaratan darurat di sebuah pantai di Portugal, seorang pria dan anak kecil tewas. 

Pihak berwenang mengatakan, insiden kecelakaan pesawat tersebut terjadi di Pantai Sao Joao di Caparica, barat daya Lisbon.

"Seorang pria paruh baya dan seorang bocah perempuan meninggal karena tak sempat menghindari pesawat tersebut. Pesawat hanya berisi dua penghuni yang tidak terluka," kata Otoritas Maritim Nasional seperti dikutip dari BBC, Kamis (3/8/2017).

Mengutip seorang saksi mata, surat kabar Diario de Noticias melaporkan, pesawat tersebut terbang dengan ketinggian rendah di atas pantai, lalu pengunjung pantai lainnya mulai berlarian. Saat itulah disadari bahwa ada sesuatu yang salah.

"Saya berada di dekat air saat melihat pesawat. Saya menelepon orangtua lalu pesawat terlihat jatuh di pasir dan menabrak dua orang, melukai mereka dengan parah dan beberapa lainnya (tapi saya tak yakin). Lalu orang-orang kabur," ujar seorang saksi.

"Pesawatnya masih di sana dan ambulans tiba dengan cepat. Saya rasa mungkin bahan bakarnya habis karena aneh kapal terbang mendarat di pantai."

Laporan lain mengatakan korban tengah berjemur saat pesawat tersebut mendarat darurat.

Kantor berita Associated Press melaporkan, bocah yang meninggal itu sedang bersama orangtuanya yang tak terluka.

Joao Quadros yang sedang berada di pantai melaporkan insiden itu melalui unggahan foto. Ia mengatakan pesawat tersebut juga melewati anaknya dalam hitungan meter. "Tidak terdengar suara kapal terbang," katanya.

Berdasarkan rekaman video dari tempat kejadian yang dilaporkan penyiar lokal, terlihat sebuah pesawat kecil yang diparkir di atas pasir pantai. Kondisinya utuh meski salah satu sayapnya tampak tidak sejajar.

Pengunjung pantai dan pekerja darurat juga terlihat mengerumuni pesawat terbang itu. Sejauh ini penyebab pendaratan darurat masih belum jelas.

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.