Sukses

Teater Tari Da-Guan Pererat Hubungan Taiwan-Indonesia

Teater Tari Da-Guan melakukan upaya peningkatan hubungan kerjasama kebudayaan antara Taiwan dan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Da-Guan Dance Theater atau Teater Tari Da-Guan dari Taiwan National University of Arts (NTUA) berkunjung ke Indonesia. Selain mempertunjukan tarian yang memukau, kelompok tersebut juga saling bertukar pikiran dengan sekolah tari Tanah Air.

Mereka melakukan hal tersebut dalam upaya mewujudkan semangat Kebijakan Baru ke Arah Selatan (New Southbound Policy) Taiwan, yang memanusiakan manusia dan saling berinteraksi antara kedua pihak.

Dalam pernyataannya yang Liputan6.com muat Selasa (1/8/2017), Kepala Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei (Taipei Economic and Trade Office/TETO) John Chen menyatakan sejak dicetuskannya New Southbound Policy, salah satu tugas intinya adalah melakukan upaya peningkatan hubungan kerjasama kebudayaan antara Taiwan dan Indonesia.

Da-Guan Dance Theater merupakan kelompok kesenian yang telah memenuhi standar serta meleburkan unsur budaya timur dan barat dengan tema tarian "Splendor of Taiwan".

Teater tersebut akan memperlihatkan corak ragam kebudayaan Taiwan melalui tarian yang indah termasuk budaya dari suku asli (aborigin) hakka, kuil, serta opera Taiwan.

Pertunjukan ini diharapkan memberikan kesan yang mendalam bagi para penonton.

Mendapat Sambutan Meriah

Pertunjukan Da-Guan Dance Theater yang digelar di Sun City dan Lippo Mall Puri, Jakarta, mendapat sambutan yang meriah dari ratusan masyarakat setempat.

Dalam pagelaran di Sun City, dilakukan pula pemutaran film pendek "Trending Taiwan" yang memperkenalkan wisata Halal Taiwan, Universiade Taipei 2017, serta para pelajar luar negeri di sana.

Pada kesempatan itu, teater tersebut juga bertukar pikiran dengan Jakarta Institute of Arts.

Da-Guan Dance Theater yang terdiri atas pelajar Taiwan ini juga melakukan pertukaran budaya dan saling berinteraksi dengan pelajar Muhammadiyah, serta memperkenalkan tarian Taiwan -- di samping mempelajari tarian tradisional Indonesia dan memahami kebudayaan Islam.

Da-Guan Dance Theater dalam kunjungannya ke Indonesia kali ini telah memperdalam hubungan persahabatan antar masyarakat Taiwan dan Indonesia.

Sebelum berkunjung ke Indonesia, Da-Guan telah melakukan pertunjukan di New Delhi dan Chennai, India, dan berikutnya akan melakukan pagelaran di Kuala Lumpur, Malaysia.

Kelompok tersebut berada di Indonesia dari 28 Juli hingga 2 Agustus 2017.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.