Sukses

6 Orang Muda yang Terlihat Jauh Lebih Tua dari Usianya

Ada beberapa indikasi yang menyebabkan orang-orang tersebut terlihat tua, salah satunya karena kelainan.

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini ada banyak pemberitaan seputar sosok wanita atau pria yang berusia tua namun masih terlihat muda. Sebut saja Chuando Tan, yang masih terlihat tampan meski umurnya nyaris menyentuh kepala enam.

Papa ganteng asal Singapura ini jadi bahan pembicaraan netizen di Instagram terkait wajah, penampilan dan bentuk badannya yang sangat sempurna. Publik semakin dibuat terkaget-kaget karena mengetahui usia Tan yang ternyata sudah hampir menginjak 60 tahun.

Pria tampan itu mengatakan, salah satu rahasia agar dirinya terlihat tetap segar dalam kondisi apapun adalah dengan tidak mandi larut malam. Ia percaya, dengan tidak melakukan hal tersebut wajahnya akan terlihat cerah.

Ternyata dunia itu memang kadang terbalik. Selain fenomena muda meski sudah tua, ada pula fenomena terlihat tua meski masih berusia muda.

Beberapa di antaranya bahkan masih berusia belasan tahun. Ada beberapa indikasi yang menyebabkan orang-orang tersebut terlihat tua, salah satunya karena kelainan atau progeria.

Seperti dilansir dari laman Oddee.com, Senin (31/7/2017), 6 orang yang terlihat tua meski berusia muda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Sara Geurts

Sara Geurts menganggap keriput pada tubuhnya adalah sesuatu hal yang indah yang pernah ada. Model berusia 26 tahun itu sudah 10 tahun didiagnosa menderita Sindrom Ehlers-Danlos.

Sara Geurts (Instagram/@sarageurts)

Ehlers Danlos adalah gangguan jaringan ikat yang mempengaruhi kemampuan tubuh dalam menghasilkan kolagen.

Geurt mengalami penyakit langka yang disebut dermatosparaxis yang menyebabkan kulitnya keriput sebelum waktunya.

Wanita itu mengakui bahwa ia sangat mencintai tubuhnya dan bangga dengan keriputnya. Melalui profesinya, Geurt ingin menunjukkan jika pengidap Ehler Danlos harus tetap percaya diri meski bertubuh keriput.

3 dari 7 halaman

2. Nguyen Thi Phuong

Seorang wanita asal Vietnam yang selama ini dianggap sebagai nenek-nenek ternyata adalah seorang gadis berusia 26 tahun.

Nguyen Thi Phuong (capture/nollygrio)

Nguyen Thi Phuong mengklaim jika keriput dan penuaan yang terjadi pada dirinya adalah insiden salah makan atau alergi ekstrem terhadap makanan laut.

Ia mengatakan, wajahnya mulai bengkak, kulit kendur dan berubah pada tahun 2008. Karena kondisi ekonomi yang sangat sulit, tak memungkinkan wanita ini untuk berobat ke dokter.

Sang suami yang berprofesi sebagai tukang kayu, Thanh Tuyen menegaskan bahwa cinta dan rasa sayangnya terhadap Nguyen tak pernah pudar. Meski kondisi fisik sang istri berubah, ia masih menganggap istrinya adalah sosok yang cantik.

4 dari 7 halaman

3. Ontlametse Phalatse

Ontlametse Phalatse saat berfoto dengan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma (thepresidency.gov.za)

Ontlametse Phalatse meninggal pada tahun 2017 setelah merayakan hari ulang tahunnya yang ke-18.

Pada tahun 2009, dokter mendiagnosa Phalatse mengalami progeria.

Progeria adalah kelainan genetik langka yang mempercepat proses penuaan pada tubuh dan diprediksi tak akan hidup di luar usia 13 tahun.

Meski pada akhirnya meninggal dunia. Phalatse membuktikan bahwa harapan memang selalu ada. Ia bertahan hingga usia 18 tahun dan sempat bertemu dengan Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma dua bulan sebelum ia meninggal.

5 dari 7 halaman

4. Ramesh dan Laxman Jadhav

Dua saudara laki bernama Ramesh dan Laxman Jadhav kerap mendapat cemoohan dari warga dan teman-teman sekitar. Bukan karena mengalami kelainan mental, namun kedua saudara yang berusia delapan dan 13 tahun ini menderita kelainan genetik yang menyebabkan keduanya mengalami penuaan secara cepat.

Ramesh dan Laxman Jadhav (capture/CAP TV)

Akibat cemoohan itu, Ramesh dan Laxman Jadhav tak mau keluar rumah. Mereka merasa malu karena banyak anak seusia mereka yang melarikan diri jika keduanya mendekat.

Hingga kini, pihak dokter belum dapat memastikan penyakit apa yang diderita oleh Ramesh dan Laxman Jadhav. Mereka mengesampingkan progeria yang kerap dikaitkan dengan fenomena ini.

Ibu dari Ramesh dan Laxman Jadhav yang bernama Savita Jadhav (30) merasa khawatir kedua anaknya akan mati muda jika benar-benar mengalami Progeria.

6 dari 7 halaman

5. Bayezid Hossain

Bayezid Shikdar, bocah berusia 4 tahun yang memiliki wajah kakek-kakek (AFP)

Wajah Bayezid Hossain terlihat bengkak, dengan mata cekung dan kulit kendur. Ia juga sering mengeluh persendiannya sering sakit, mengalami kesulitan buang air kecil dan gigi yang mudah patah.

Warga Bangladesh Selatan kerap menjauh dari dirinya. Bahkan anak-anak sebayanya pun sering menjauhi Bayezid Hossain. Meski begitu, anak laki-laki ini memiliki kecerdasan di atas rata-rata.

Bayezid diyakini menderita progeria yang tampak delapan kali begitu tua dari usia asli.

7 dari 7 halaman

6. Jelmaan Benjamin Button

Anak penderita progeria, pada umumnya baru disadari ketika kondisi fisik anak tersebut setelah berumur satu tahun.

Seorang bayi asal Bangladesh memiliki kesamaan dengan Brad Pitt. Atau mirip dengan versi film klasik yang menunjukkan tokoh Benjamin Button -- yang usianya berjalan terbalik.

Bayi yang tak diketahui namanya ini mengalami kelainan genetik yang sangat langka. Ia lahir di Medical Collage Hospital di ibukota Dhaka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini